riau24 Panduan Melancong ke Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta
Rabu, 13 Desember 2017

Travel

Panduan Melancong ke Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

0
Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo, Yogyakarta (Foto: Helmi/Okezone).
Panduan Melancong ke Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Riau24.com - YOGYAKARTA punya destinasi wisata yang sedang hits, yaitu Wisata Alam Kalibiru.Traveller bisa melepas penat sembari menghirup udara segar yang terbungkus dengan pemandangan asri.

Karena, wisata alam ini berlokasi di Perbukitan Menoreh Kulonprogo yang memiliki ketinggian 450 meter dpl. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota besar membuat Wisata Alam Kalibiru menjadi tujuan liburan ideal di akhir pekan.

 

Terlebih, melancong ke Wisata Alam Kalibiru juga cukup hemat untuk kantong paratraveller. Kita cukup membayar tiket masuk Rp5 ribu bila berkendara mobil atau Rp2 ribu untuk sepeda motor.

Meski terbilang murah, Wisata Alam Kalibiru menawarkan sejumlah kegiatan menarik yang patut dicoba. Salah satunya berfoto di atas pohon setinggi lebih dari dua meter yang telah dirancang khusus untuk keselamatan pengunjung.

Fida salah seorang petugas Wisata Alam Kalibiru mengatakan, terdapat tiga spot foto di atas pohon berlatar belakang waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang bisa dicoba pengunjung. Sebelum naik ke spot foto, pengunjung akan dipasangkan sebuah pengaman berupa tali yang diikat sebuah alat ke pinggang untuk menjamin keselamatan.

Selanjutnya, menurut Fida di setiap spot, pengunjung bisa menggunakan jasa foto dari petugas yang akan mengambil sejumlah gambar. Namun, pengunjung minimal harus memilih empat foto dari jasa fotografer.

"Untuk tiket naik ke atas pohon itu Rp10 ribu. Kemudian, jasa satu foto Rp5 ribu, tetapi minimal satu orang bisa memilih empat foto dari beberapa gambar," ujarnya kepadaOkezone, baru-baru ini.

Nantinya, foto bisa ditransfer ke gadget kita, baik menggunakan kabel data maupunmemori card. Jadi, selain pengalaman liburan, beberapa foto berlatar pemandangan indah bisa menjadi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Wisata Alam Kalibiru.

Tips berlibur ke Wisata Alam Kalibiru

Transportasi

Perjalanan ke Wisata Alam Kalibiru bisa dibilang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu tempuh perjalanan ke Kulonprogo dari pusat Kota Yogyakarta tidak lebih dari satu jam dengan catatan arus lalulintas lancar.

Kita bisa menyewa motor atau pun mobil di pusat kota menuju Wisata Alam Kalibiru. Namun, bila berkunjung bersama keluarga, ada baiknya menyewa mobil agar lebih nyaman. Untuk menyewa mobil di Yogyakarta sekira Rp300-Rp500 ribu, tergantung jenis mobil.

Namun, sebaiknya memilih motor atau mobil yang akselerasinya baik untuk perjalanan naik-turun gunung. Karena itu, pastikan pula rem kendaraan berfungsi dengan baik, mengingat medan cukup berkelok-kelok. Karena itu pula terdapat pengaturan naik-turun mobil untuk melalui jalan menuju Wisata Alam Kalibiru, sehingga kendaraan tidak saling berpapasan.

Akses menuju Wisata Alam Kalibiru

Selanjutnya, ada sejumlah rute yang bisa diambil untuk menuju Wisata Alam Kalibiru dari pusat Kota Yogyakarta. Pertama, kita bisa memilih rute perjalanan dari Yogyakarta-Wates-Waduk Sermo atau Yogyakarta-Sentolo-Waduk Sermo.

Selain terdapat rute alternatif yang bisa dilalui dari arah Clereng, namun sedikit lebih jauh. Rutenya adalah Yogyakarta-Sentolo-Clereng-Kalibiru.

Waktu terbaik

Sebisa mungkin datang di pagi hari, setelah kabut agar pemandangan jelas terlihat. Selain itu, jangan datang terlalu sore, karena objek wisata ini akan ditutup sebelum pukul 18.00 WIB. Selain itu, musim hujan adalah waktu terbaik melancong ke Wisata Alam Kalibiru, karena pemandangannya sedang hijau, namun datang saat cuaca cerah.

Serba-serbi perlengkapan

Sebenarnya tidak terlalu rumit, cukup memakai pakaian yang nyaman seperti celana pendek bagi pria. Bagi wanita, sebaiknya tidak memakai rok atau dress agar nyaman saat naik ke spot foto.
(***)




R24/dev


Bagikan :
Sumber:
Okezone
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_sde4m_3406.jpg
Inhil, Riau24.com - Puluhan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dan Dewan Pimpinan Ranting Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pulau Burung berikrar untuk senantiasa berupaya mencapai tujuan dan mematuhi peraturan organisasi yang berlaku.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru