riau24 Konsep Waktu Dari Film Time Travel
Minggu, 17 Desember 2017

Konsep Waktu Dari Film Time Travel

0
(gambar: film summer time machine blues)
Konsep Waktu Dari Film Time Travel

Pekanbaru- Riau24.com- Lagi rame-ramenya film interstellar. Jadi pengen celoteh tentang time travel. Dari kecil, saya cukup tertarik dengan film-film berbau science fiction terutama tentang time travel atau penjelajahan waktu. Mungkin karena waktu itu menurut saya hal yang sangat misterius. Apalagi kalau udah baca buku “Mimpi-mimpi Einstein” nya Alan Lightman tentang waktu dalam berbagai macam imajinasi. Mind-blowing banget deh pokonya. Nah, ada 2 konsep waktu yang bisa saya simpulin dari beberapa film time travel yang bisa saya inget pernah saya tonton.

1. Waktu bersifat satu garis kejadian dan sudah ditakdirkan

Beberapa contoh film yang pernah saya tonton dengan konsep ini adalah Interstellar, Summer Time Machine Blues (Japan Movie 2005), Harry Potter Prisoner of Azkaban, dan Doraemon. Pada konsep time travel ini, anda akan melihat bahwa seluruh kejadian sudah ditakdirkan bahkan ketika kita dapat berpindah waktu. Contohnya di interstellar, cooper masa depan berinteraksi dengan anaknya murphy di masa lalu yang akan memaksa cooper masa lalu untuk melakukan hal yang sama di masa depan. Di harry potter POA juga all connected, pas Harry masa lalu diselametin sama Harry masa depan, ujung2nya harry masa lalu pasti akan melakukan hal yang sama dengan harry masa depan. Doraemon juga sama. Doremon kembali ke masa lalu untuk menemani nobita masa lalu yang kemudian nobita masa lalu di masa depan akan membuat doraemon yang akan disuruh menemani nobita masa lalu. Apresiasi yang cukup besar saya berikan kepada film Summer Time Machine Blues yang cukup memberikan penjelasan yang menarik tentang konsep ini. Bahkan disana juga diberi tau kondisi bahwa time travel itu mustahil ada karena kontradiktif. Contohnya paling ekstrimnya misal kalau anda umur 40 tahun kembali ke masa anda umur 20 tahun, lalu anda(40) membunuh anda(20). Lalu tentunya anda(40) tidak akan ada, nah lalu siapa yang membunuh anda(20)?? Kontradiktif kan? :D Contoh ini akan membawa kita ke konsep waktu jenis kedua.

2. Waktu bersifat satu garis kejadian tapi perubahan masa lalu dapat mengubah masa depan

Menurut saya konsep waktu ini sangat kontradiktif dan tidak logis. Film yang sesuai dengan konsep ini adalah Back to the future, Girl who leapt through time (Anime Movie 2006), Looper, Secret (Taiwan Movie 2007), The Time Machine (2002), Heroes (TV series), Proposal Daisakusen (Japan Dorama 2007) dan X-Men DOFP. Ya, intinya kalau kamu kembali ke masa lalu, segala yang terjadi dapat merubah masa depan. Ambil contoh X-Men DOFP. Wolverine harus mengembalikan pikirannya ke 50 tahun sebelumnya dan dia berhasil mengubah kejadian di masa lalu. Nah kalau dia berhasil, di masa depan ga akan ada kejadian dia kembali ke masa lalu dong. Trus siapa yang merubah masa lalu? Nah, sebenarnya konsep ini bisa menjadi logis kalau konsepnya menjadi konsep waktu yang ketiga. 

3. Waktu terdiri dari banyak(tak hingga) garis yang tidak saling memengaruhi (paralel line)

Dalam konsep waktu ini, sebenarnya ada banyak garis kejadian dalam kehidupan. Garis kejadian itu bisa berbeda-beda jika tercipta mesin waktu. Contohnya, saya umur 40 tahun ada di garis waktu A, lalu jika saya menggunakan mesin waktu untuk kembali beberapa tahun lalu artinya saya berpindah garis waktu menjadi garis waktu B. Jadi apapun yang saya lakukan di garis waktu B tidak akan memengaruhi garis waktu A. So, sebenarnya akan ada saya dengan versi kehidupan yang berbeda-beda di berbagai dimensi waktu.

Ya, sedikit celotehan saya tentang konsep waktu yang tidak berlandaskan kajian ilmiah hehe…hanya seorang penggemar time travel movie. Ya, yang penting lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan detik ini. Jadi inget istilah di serial Heroes yaitu “Butterfly Effect”. Perubahan sekecil atom pun memengaruhi masa depan secara signifikan. Boleh juga kalau ada yang mau sharing film time travel yang pernah di tonton. :D

R24/efk


Bagikan :
Sumber:
tumblr.com
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru