riau24 Gerbang ke Neraka di Islandia
Selasa, 12 Desember 2017

Wisata

Gerbang ke Neraka di Islandia

0
Gunung Hekla dari kejauhan
Gerbang ke Neraka di Islandia

Islandia, Riau24.com - Hekla adalah gunung berapi yang aktif di selatan Islandia. Di zaman dulu, puncak gunungnya diyakini sebagai tempat roh-roh jahat menuju neraka!

110 Kilometer ke arah timur dari Reykjavik, ibukota negara Islandia, terdapat jejeran gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya yang terkenal dan disakralkan oleh orang-orang Islandia adalah Gunung Hekla.

Dari berbagai informasi yang dihimpun detikTravel, Jumat (8/4/2016) Gunung Hekla berada di dekat wilayah Hella. Di sana pula traveler bisa mampir ke Hekla Center, sebagai museum yang berisikan informasi mengenai Gunung Hekla, sejarah letusannya dari tahun ke tahun dan miniatur dapur magma di dalam gunungnya.

Sebenarnya Gunung Hekla tidak tinggi-tinggi amat. Hanya memiliki ketinggian 1.488 mdpl, yang kalah tinggi dibandingkan rangkaian pegunungan atau gunung-gunung lainnya. Namun Gunung Hekla masih sangat aktif, 20 kali telah meletus sejak abad pertengahan. Gunungnya juga kerap kali erupsi, mengeluarkan abu vulkanik yang membumbung tinggi. Ya, Gunung Hekla adalah gunung berapi paling aktif di Islandia.

Cerita gerbang ke neraka di atas puncaknya

Puncak Gunung Hekla berupa kawah panas dengan lava berwarna merah. Di zaman dulu, berabad-abad lalu, masyarakat setempat mensakralkan Gunung Hekla. Mereka tidak berani mendekat walau hanya di kaki gunungnya dan menyebut Gunung Hekla sebagai gerbang ke neraka!

Mereka percaya, roh-roh yang jahat masuk ke neraka melalui puncak gunungnya. Sebab di zaman dulu menurut para ahli geologi, aktivitas lavanya lebih 'aktif' dibanding sekarang. Lavanya sering terlihat muncrat ke atas dan asapnya lebih tebal. Maka tak heran, jika pemandangan puncak gunungnya di zaman dulu bisa lebih seram daripada sekarang.
Bahkan menurut legenda masyarakat setempat, puncak gunungnya juga menjadi tempat favorit para penyihir. Mereka datang ke sana, untuk bertemu dengan setan-setan.

Cerita gerbang ke nereka pun menyebar sampai daratan Eropa. Sampai di tahun 1750, dua orang pendaki gunung, Eggert Olafsson dan Bjarni Pallsson ingin membenarkan legenda gerbang ke neraka tersebut. Mereka pula menjadi pendaki pertama yang sampai di atas puncaknya.

Mereka berdua berhasil naik dan turun dengan selamat. Iya memang tidak ada neraka di atasnya, tapi mereka menggambarkan betapa ngerinya kawah lava di atas puncaknya.

Kini, Gunung Hekla masuk dalam daftar salah satu gunung berapi paling aktif di dunia sekaligus tempat yang dipercayai sebagai gerbang ke neraka. Meski begitu, beberapa operator tur di Islandia seperti Iceland Like a Local, Eskimos Iceland, Iceland Rovers dan Iceland On The Web menawarkan paket tur ke Gunung Hekla. Ada tur naik mobil Jeep sampai trekking.

Para ahli geologi menjelaskan, traveler yang mau ke Gunung Hekla harus memahami betul perkiraan cuaca dan frekuensi gempa Bumi. Abu vulkanik yang keluar akibat erupsi, membuat harus waspada dan sedia peralatan seperti masker.

Dalam beberapa puluhan tahun ke depan, Gunung Hekla diprediksi tidak akan 'mengamuk' alias meletus. Barulah di tahun 2045, aktivitas magmanya dinilai sangat tinggi dan bisa membuat gunungnya meletus.

Kalau gunungnya sampai meletus, ada kepercayaan lain. Di zaman dulu ketika Gunung Hekla meletus, orang-orang harus masuk ke dalam rumah dan berdoa. Sebab saat itulah, roh-roh jahat kembali ke Bumi dan akan menganggu manusia.



R24/dev/det 


Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_mmuc9_3424.jpg
Inhil, Riau24.com - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dapat lebih proaktif, dalam mencari sumber dana bagi pembangunan pasar terapung yang saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan, Minggu 10 Desember 2017.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru