riau24 Contoh Kerukunan Beragama, Masjid dan Gereja Dibangun Berhadapan
Senin, 18 Desember 2017

Wisata

Contoh Kerukunan Beragama, Masjid dan Gereja Dibangun Berhadapan

0
Contoh Kerukunan Beragama, Masjid dan Gereja Dibangun Berhadapan
Pekanbaru, Riau24.com - Apabila anda berkunjung ke Pekanbaru, jangan heran ketika melewati Jalan Hangtuah akan menemukan dua bangunan berbeda yang berdiri di lokasi ini, karena kedua bangunan ini menjadi salah satu wujud semangat kebersamaan yang ditemui di Pekanbaru, Riau.

Kebersamaan dan kerukunan umat beragama dijalin bersama ditandai dengan dibangunnya sebuah masjid megah  dan gereja yang indah yang saling berhadapan di jalan utama ini. Posisi masjid dan gereja hanya dibatasi dengan poros jalan.

Masjid Agung An-Nur disebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Bila kita amati arsitektural masjid Agung An-Nur memang memiliki beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Arsitektur Masjid ini dirancang oleh Ir. Rooseno dengan ukuran 50 X 50 m yang terletak dalam satu pekarangan yang luasnya 400 X 200 m. Kapasitas masjid dapat menampung sekitar 4.500 orang jamaah. Bangunan masjid terdiri dari tiga tingkat. Tingkat atas digunakan untuk sholat, dan tingkat bawah untuk kantor dan ruang pertemuan.

Masjid ini mempunyai tiga buah tangga, 1 buah tangga di bagian muka dan 2 buah tangga di bagian samping. Di bagian atas terdiri dari 13 buah pintu dan bagian bawah terdiri dari 4 buah pintu dan mempunyai kamar-kamar yang besar dan sebuah aula. Sedangkan tulisan kaligrafi yang terdapat dalam ruangan masjid ini ditulis oleh seorang kaligrafer bernama Azhari Nur dari Jakarta, pada 1970.

Dilihat dari sisi bangunannya, Masjid Agung An Nur banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India, bahkan kerap disebut disebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau.

Masjid Agung An Nur juga dilengkapi oleh bermacam fasilitas seperti pendidikan mulai dari playgrup, TK, SD, SMP hingga SMA, perpustakaan yang lengkap dan fasiltas lain seperti aula dan ruang pertemuan, ruang kelas dan ruang perkantoran.

Sementara bila kita berkunjung ke seberang Masjid Annur, kita akan menemukan sebuah gereja dengan halaman yang penuh dengan tanaman bunga-bunga yang indah. Gereja yang dinamakan Gereja HKBP ini pernah menjadi korban pemboman gereja tahun 2000 yang lalu. Namun berkat bantuan dari semua kalangan, gereja tersebut direnovasi dan dibangun dengan lebih megah dari sebelumnya.

Di komplek gereja juga terdapat sekolah, gedung pesta (sopo godang) yang lazim digunakan keluarga dari suku Batak untuk mengadakan pesta ataupun pertemuan-pertemuan besar di sopo tersebut.

Yang lebih hebatnya lagi, meskipun sopo godang tersebut dijadikan tempat berpesta bagi suku Batak, namun bila waktu sudah menunjukkan untuk sholat maghrib, biasanya pihak keluarga yang mengadakan pesta akan bertoleransi dengan tidak lagi menyalakan musik-musik Batak, sehingga tidak mengganggu umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah.

Semoga kehadiran gereja dan masjid yang berhadapan ini dapat diadikanlah pelita yang memancarkan inspirasi kedamaian yang menyatukan persaudaraan serta harapan yang menguatkan rasa syukur kepada Tuhan sehingga membuat kita merasakan tidak adanya perbedaan di antara sesama manusia sebagai wujud keindahan panorama yang memancarkan pesona ragam budaya dan agama.


R24/dev

Bagikan :
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru