riau24 Keindahan Bawah Laut Indonesia Lewat Virtual Reality
Sabtu, 16 Desember 2017

Wisata

Keindahan Bawah Laut Indonesia Lewat Virtual Reality

0
Keindahan Bawah Laut Indonesia Lewat Virtual Reality
Riau24.com - Di Thailand Dive Expo 2016, pengunjung tak perlu basah-basahan untuk melihat dunia bawah laut Indonesia. Ada Digital Interactive Corner, yang menampilkan realitas virtual bawah laut Nusantara.

Booth Indonesia di Thailand Dive Expo 2016 dilengkapi sebuah Digital Interactive Corner yang memungkinkan para pengunjung untuk menyelam dalam realitas virtual. Sejak Thailand Dive Expo dimulai pada Kamis (12/5/2016), banyak pengunjung yang sudah menjajalnya.

Untuk menyelam secara virtual, kita cukup memakai alat bernama VR goggles yang disambungkan dengan sebuah smartphone. Agar sensasi yang didapat lebih maksimal, alat ini dilengkapi headset sebagai perangkat audio.

Setelah memakai VR goggles, pengunjung bisa melihat video dengan sudut pandang 360 derajat. Dengan demikian, kita bisa melihat tampilan yang berbeda hanya dengan menengok ke kanan atau kiri, mengangguk atau mendongak, dan memutar badan.


Melalui virtual reality berdurasi tiga menit ini, para pengunjung booth Indonesia bisa merasakan sensasi menyelam di Crystal Bay Nusa Penida dan Tulamben di dekat Bali. Begitu "nyemplung" ke laut, kita serasa sedang melakukan diving dan bisa mengarahkan pandangan ke arah manapun sesuka kita. Di sekeliing kita ada terumbu karang dan ikan-ikan yang sedang berenang ke sana ke mari. Kita juga bisa melihat ikan pari manta yang amat besar itu.

Ketika spot diving bergeser ke Tulamben, kita akan melihat bangkai kapal perang Amerika Serikat, USAT Liberty, yang karam pada 1942 lalu. Sensasi menyelam di antara bangkai kapal -- meski cuma virtual -- terasa amat mengasyikkan kendati suasananya agak sedikit horor juga.

Adanya fasilitas untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia secara virtual ini merupakan hasil kerja sama dengan Anantarupa Studios, sebuah perusahaan pengembang konten digital. Anantarupa Studios sebelumnya pernah menyediakan fasilitas serupa di Paviliun Indonesia di Milan Expo 2015 dengan virtual reality keindahan Gunung Bromo.

Untuk videonya kami produksi sendiri, syuting sendiri. Kami punya alatnya. Untuk virtual reality sebaiknya maksimal tiga menit, kalau enggak dia pusing," jelas Customer Relations Anantarupa Studios, Tamara Ardonni, di sela-sela Thailand Dive Expo di Queen Sirikit National Convention Center (QSNCC), Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2016).

Para pengunjung booth Indonesia, lanjut Tamara, memberikan respons positif atas adanya fasilitas virtual reality yang menampilkan keindahan alam bawah laut Indonesia tersebut.

"Mereka bilang wonderful. Mereka senang sih. Mereka yang belum pernah ke Indonesia, sebelum ke Indonesia bisa merasakan ini dulu," katanya.

Thailand Dive Expo 2016 dilangsungkan pada 12-15 Mei 2016. Event ini merupakan pameran pariwisata diving skala internasional terbesar di Bangkok yang diselenggarakan setiap tahun.

Indonesia memiliki salah satu booth paling besar di event ini. Kementerian Pariwisata menyewa lahan seluas 72m2 untuk memfasilitasi 12 industri pariwisata dari destinasi diving unggulan, yaitu Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, dan Sulawesi Utara.


R24/dev/det

Bagikan :
Sumber:
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita Pekanbaru | Berita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul | Berita Internasional | Advertising Pekanbaru
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
Loading...

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_nfrwg_3427.jpg
Inhil, Riau24.com - Bupati Inhil HM Wardan terus melakukan peninjauan kegiatan pembangunan yang sedang berjalan di lapangan, guna memastikan pengerjaannya berjalan dengan baik.
loading...
  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru