Rabu, 03 September 2014
Wisata Sejarah dan Religi Riau
0
Wisata Sejarah dan Religi Riau
Riau24 -- Riau merupakan provinsi terkaya akan sejarah kebudayaan serta relijiusnya. Budaya yang telah di wariskan masyarakat terdahulu sampai saat ini masih dapat kita jumpai di banyak daerah di Provinsi Riau. Budayanya yang sangat santun menjadikan bahasa khas Riau yaitu bahasa Melayu di angkat sebagai bahasa persatuan nasional. Nah, penasaran apa saja wisata sejarah serta religi di Bumi lancang Kuning ini, mari kita telusuri bersama.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, dulunya bangunan ini dihuni oleh Sultan Siak dan sekarang istana ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Siak. Istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Riau.

Istana ini memiliki corak Melayu, Arab serta Eropa pada bangunannya. Kompleks Istana ini mempunyai luas 32 km persegi yang terdiri dari 4 bangunan istana yaitu, Istana Siak, Istana Padjang, Istana Baroe dan Istana Lima. Istana Siak Sri Indrapura sudah menjadi simbol kepariwisataan di Riau.

Sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Istana ini setiap tahunnya. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda dapat belajar mengenai sejarah Riau mulai dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi ini. Istana Siak merupakan tujuan objek wisata yang juga dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah. Juga di Istana Siak dapat dipelajari mengenai Budaya melayu Riau.

Candi Muara Takus

Situs wisata Candi Muara Takus adalah sebuah candi yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Tiga Belas Koto, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Candi ini merupakan bukti sejarah perkembangan Agama Budha di Indonesia.

Candi ini digunakan masyarakat beragama Budha untuk beribadah. Ciri dari bangunan candi tersebut yang menunjukkan bangunan tersebut merupakan bangunan agama Budha adalah karena adanya stupa. Ketika mengunjungi candi Muara Takus, akan terlihat stupa di sekitar candi.

Di dalam kompleks candi ini juga terdapat bebrapa candi seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Mahligai Palangka. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu takut mengunjungi candi ini, karena sekarang Situs Candi Muara Takus ini sudah tidak menjadi tempat perkembangan agama Budha lagi. Sekarang Candi Muara Takus sudah menjadi salah satu peninggalan sejarah pada masa kerajaan di Indonesia sekaligus sudah menjadi salah satu objek di Provinsi Riau.

Masjid Agung Annur

Masjid Agung Annur adalah sebuah masjid pusat perkembangan agama Islam di Riau yang terletak di Kota Pekanbaru. Masjid Agung Annur ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Indonesia. Bangunan masjid ini banyak mengadopsi arsitektur Melayu, Arab, Turki dan India.

Masjid Agung Annur di juluki sebagai Taj Mahalnya Riau. Ini karena masjid ini memiliki banyak kemiripan dengan Taj Mahal. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana luasnya bangunan masjid dan beberapa fasilitas di sekitar masjid, dapat mengunjungi masjid ini kapanpun.

Jika berkunjung pada hari kerja Anda akan melihat proses pembelajaran di sekolah-sekolah sekitar masjid. Karena halaman masjid yang luas, halaman masjid ini juga digunakan masyarakat sebagai tempat latihan ketahanan tubuh seperti jogging dan futsal. Nah, Anda pasti penasaran bagaimana uniknya Taj Mahal Riau tersebut!. (Riau24/Ar)
Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_g4rxv_775.jpg
Insya allah pembangunan turap untuk madrasah suluk hidayatussalikin sedang dikerjakan. Dari yang diusulkan, yakni 10x40 Meter oleh DPRD Rohul, nyatanya hanya direalisasi 3x40 M.
riau24_rdgbt_768.jpg
Inhu Berduka. Seorang putra terbaik Kabupaten Inhu, AKBP Soesilowadi atau yang kerap disapa 'bang ilo' menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, Kamis (14/08/14) sekitar pukul 19.30 malam kemarin.
riau24_2vccs_774.jpg
Tak cuma Mr P, ukuran organ intim wanita juga memiliki ukuran tertentu yang antara satu wanita dengan wanita lain bisa bervariasi. Nah, benarkah ukuran Miss V ini bisa berubah akibat dari frekuensi bercinta?
riau24_cjvrs_770.jpg
Apakah anda pernah melakukan kesalahan, apakah anda sering melakukan kesalahan, apakah anda terobsesi tidak melakukan kesalahan, ataukah anda tidak pernah sama sekali melakukan kesalahan.
riau24_dbzle_752.jpg
Moment silaturahmi di Hari Lebaran identik dengan tradisi berkumpul dan menikmati aneka makanan khas. Tidak terkecuali untuk tahun ini, Hotel ibis Pekanbaru memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang ingin meyantap menu lezat khas Lebaran, tanpa repot untuk segala persiapannya. 
riau24_knbb6_773.jpg
Kanker hati merupakan penyebab kematian terbesar kedua di Asia Pasifik. Muncul tanpa gejala pada stadium awal, penyakit ini kerapkali baru terdeteksi pada stadium lanjut saat kondisinya sudah tidak bisa diobati lagi.
riau24_uzzjg_762.jpg
Gak terasa yah, sudah tambah lagi setahun umur tanah air kita. Mari kita ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-69, semoga tambah dewasa, tambah berkiprah, pastinya ingin tambah jaya. Tapi kenapa yah masyarakatnya gak tambah sejahtera?
riau24_c8qqn_769.jpg
Melihat banyaknya komunitas Motor Gede (Moge), biasanya sering dikaitkan sebagai sekumpulan orang-orang kaya dengan tunggangan yang High Class. Maklum, dengan tunggangan yang gagah, umumnya orang mengatakan barang mewah seperti Moge bisa dikatakan sebagai barang 'mahal'.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com