Jumat, 18 April 2014
Wisata Sejarah dan Religi Riau
0
Wisata Sejarah dan Religi Riau
Riau24 -- Riau merupakan provinsi terkaya akan sejarah kebudayaan serta relijiusnya. Budaya yang telah di wariskan masyarakat terdahulu sampai saat ini masih dapat kita jumpai di banyak daerah di Provinsi Riau. Budayanya yang sangat santun menjadikan bahasa khas Riau yaitu bahasa Melayu di angkat sebagai bahasa persatuan nasional. Nah, penasaran apa saja wisata sejarah serta religi di Bumi lancang Kuning ini, mari kita telusuri bersama.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, dulunya bangunan ini dihuni oleh Sultan Siak dan sekarang istana ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Siak. Istana yang dijuluki Istana Matahari Timur ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Riau.

Istana ini memiliki corak Melayu, Arab serta Eropa pada bangunannya. Kompleks Istana ini mempunyai luas 32 km persegi yang terdiri dari 4 bangunan istana yaitu, Istana Siak, Istana Padjang, Istana Baroe dan Istana Lima. Istana Siak Sri Indrapura sudah menjadi simbol kepariwisataan di Riau.

Sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Istana ini setiap tahunnya. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda dapat belajar mengenai sejarah Riau mulai dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi ini. Istana Siak merupakan tujuan objek wisata yang juga dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah. Juga di Istana Siak dapat dipelajari mengenai Budaya melayu Riau.

Candi Muara Takus

Situs wisata Candi Muara Takus adalah sebuah candi yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan Tiga Belas Koto, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Candi ini merupakan bukti sejarah perkembangan Agama Budha di Indonesia.

Candi ini digunakan masyarakat beragama Budha untuk beribadah. Ciri dari bangunan candi tersebut yang menunjukkan bangunan tersebut merupakan bangunan agama Budha adalah karena adanya stupa. Ketika mengunjungi candi Muara Takus, akan terlihat stupa di sekitar candi.

Di dalam kompleks candi ini juga terdapat bebrapa candi seperti Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Mahligai Palangka. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu takut mengunjungi candi ini, karena sekarang Situs Candi Muara Takus ini sudah tidak menjadi tempat perkembangan agama Budha lagi. Sekarang Candi Muara Takus sudah menjadi salah satu peninggalan sejarah pada masa kerajaan di Indonesia sekaligus sudah menjadi salah satu objek di Provinsi Riau.

Masjid Agung Annur

Masjid Agung Annur adalah sebuah masjid pusat perkembangan agama Islam di Riau yang terletak di Kota Pekanbaru. Masjid Agung Annur ini merupakan salah satu masjid yang termegah di Indonesia. Bangunan masjid ini banyak mengadopsi arsitektur Melayu, Arab, Turki dan India.

Masjid Agung Annur di juluki sebagai Taj Mahalnya Riau. Ini karena masjid ini memiliki banyak kemiripan dengan Taj Mahal. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana luasnya bangunan masjid dan beberapa fasilitas di sekitar masjid, dapat mengunjungi masjid ini kapanpun.

Jika berkunjung pada hari kerja Anda akan melihat proses pembelajaran di sekolah-sekolah sekitar masjid. Karena halaman masjid yang luas, halaman masjid ini juga digunakan masyarakat sebagai tempat latihan ketahanan tubuh seperti jogging dan futsal. Nah, Anda pasti penasaran bagaimana uniknya Taj Mahal Riau tersebut!. (Riau24/Ar)

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com