Jumat, 25 April 2014
Nuansa Alam,"Budaya Tanah Datar"
0
Riau24/net
Nuansa Alam,
Indonesia memiliki beragam tempat bersejarah yang unik dan indah. Salah satunya adalah, peninggakan sejarah yang ada di Kabupaten Tanah Datar yang ada di Sumatera Barat.

Banyak keunikan yang tersimpan di tempat ini, hasil rangkuman Riau24 dari berbagai sumber.Berikut beberapa peninggalan sejarah bisa Kita kunjungi bila singgah di Tanah Datar.

1. Batu Batikam

Adalah batu yang terlihat berlobang, dimana menurut kepercayaan batu ini berlubang karena hasil tikaman keris Datuk Parpatiah. Batu iini terletak di Nagari Lima Kaum yang berjarak 5 kilometer dari kota Batusangkar.

2. Istana Pagaruyung

Tempat wisata yang satu ini adalah peninggalan yang menjadi salah satu Icon pariwisata Sumatra Barat.

Istana Pagaruyung terletak di Kecamatan Tanjung Emas dan berjarak sekitar 5 Km dari dari Batu Sangkar. Istana ini memiliki latar belakang panorama keindahan alam Gunung Bungsu yang merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk camping dan hiking.

Bangunan istana Pagaruyung ini berbentuk rumah adat minang atau Rumah Gadang dengan ukuran yang sangat besar dan atap berbentuk tanduk kerbau.

3. Nagari Tuo Pariangan

Tempat ini adalah tempat yang sangat bersejarah karena menjelaskan tentang histori dengan bukti sejarah berupa batu Tigo Luak, Balai Saruang, Prasasti Menhir dan Sawah Satampang Baniah.

Tempat ini juga menyuguhkan pemandian air panas yang mengandung sulfur yang bermanfaat untuk kulit.

4. Panorama Tabek Patah
Daerah yang satu ini begitu eksotik dengan pemandangan alam yang khas dan udaranya yang dingin.

Tabek patah berasal dari kata "Tabek" yang berarti kolam yang patah menjadi 2 bagian. Sebelah utara dinamakan dengan "Talago Pakis" dan sebelah selatan dinamakan "Aia Taganang".

Dari ketingguan kita bisa melihat hamparan awan yang menawan yang dikelilingi oleh perbukitan dan hutan pinus.

5. Batu Basurek

Batu Basurek ini merupakan prasasti peninggalan kerajaan Pagaruyung semasa pemerintahan Raja Adityawarman.

Batu Basurek ini terdapat antara lain di daerah Kubu Rajo. Prasasti ini ditulis menggunakan huruf jawa kuno dalam bahasa sangsekerta. Isinya bercerita tentang Raja Adityawarman sebagai penguasa negeri emas yang murah hati dan penuh belas kasih. Diperkirakan prasasti ini ditulis pada tahun 1300-an masehi.(Riau24/mail/Ghiboocom)

Komentar Anda

Nama :
Komentar :
     
riau24_xkfvl_660.jpg
Orang nomor satu di Provinsi Riau Anas Maamun, sebelum menjabat Gubernur Riau dirinya telah membuat suatu program dan berjanji untuk mensejahtrakan rakyat Riau, bahkan APBD Riau 2014 juga ingin dirubahnya karena Gubernur menilai tidak menyentuh rakyat.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com