Jumat, 22 Agustus 2014
Pulau Penyengat Tanjung Pinang
3
Pulau Penyengat Tanjung Pinang
Penyengat mungkin terdengar aneh tapi di balik nama penyengat tersimpan sejarah yang mengagumkan,karena di pulau ini lah kita bisa mengenal Nilai Sejarah Agama Islam di mana terdapat Masjid Sultan Riau salah satunya. Konon, bangunan masjid ini dibuat dengan putih telur sebagai perekat.

Masjid ini mulai dibangun sekitar tahun 1761-1812. Pada awalnya, masjid ini hanya berupa bangunan kayu sederhana berlantai batu bata yang hanya dilengkapi dengan sebuah menara setinggi lebih kurang 6 meter. Namun, seiring berjalannya waktu, masjid ini tidak lagi mampu menampung jumlah anggota jemaah yang terus bertambah sehingga Yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman Sultan Kerajaan Riau pada 1831-1844 berinisiatif untuk memperbaiki dan memperbesar masjid tersebut.

Untuk membuat sebuah masjid yang besar, Sultan Abdurrahman berseru kepada seluruh rakyatnya untuk beramal dan bergotong-royong di jalan Allah. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada tanggal 1 Syawal 1248 Hijriah (1832 M), atau bertepatan dengan hari raya Idul Fitri. Panggilan tersebut ternyata telah menggerakkan hati segenap warga untuk berkontribusi pada pembangunan masjid tersebut.

Konon, karena banyaknya bahan makanan yang disumbangkan penduduk, seperti beras, sayur, dan telur, para pekerja sampai merasa bosan makan telur sehingga yang dimakan hanya kuning telurnya saja. Karena menyayangkan banyaknya putih telur yang terbuang, sang arsitek memanfaatkannya sebagai bahan bangunan. Sisa-sisa putih telur itu kemudian digunakan sebagai bahan perekat, dicampur dengan pasir dan kapur, sehingga membuat bangunan masjid dapat berdiri kokoh, bahkan hingga saat ini.

Dari Dermaga Panjang dan Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjung Pinang, bangunan Masjid Raya Sultan Riau yang berwarna kuning cerah terlihat mencolok di antara bangunan-bangunan lainnya di pulau Penyengat, pulau kecil seluas 240 hektar itu.
Di Pulau Penyengat, pengunjung juga dapat menjumpai cukup banyak rumah makan yang menjajakan masakan khas Melayu dan rumah penginapan yang dikelola penduduk setempat. (Rau24/Ar)
Silahkan SMS ke : 0812 1234 5678 atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/Informasi/Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda

Budak bintan
Jumat, 25 Januari 2013 00:42 wib
Tugu Bahasa akan dibangun di Pulau Penyengat oleh PemProv Kepri Karena Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu Kepri.Menyayah Kalau Tugu Bahasa didirikan di Pekanbaru ape Orang Riau tal tahu sejarah
Laksamane bentan
Rabu, 30 Januari 2013 12:07 wib
Pemerintah Provinsi Kepri Melalui Dinas Kebudayaan Kepri akan membangun Monumen Bahasa Melayu di Pulau Penyengat,Karena Pulau Penyengat merupakan Cikal Bakal lahirnya Bahasa Indonesia dan sebagai permesatu Bahasa.
Fadli
Minggu, 02 Juni 2013 10:09 wib
Mestinya, Provinsi Riau wajib ubah nama, karena nama Riau itu asalnya nama wilayah daerah sekitar pulau Bintan, yakni sekarang ini meliputi wilayah pemko tanjung Pinang
Nama :
Komentar :
     
riau24_pzndq_759.jpg
Persaingan menuju kursi RI 1 sejatinya telah usai, namun karena adanya gugatan salah satu pasang calon (Prabowo-Hatta) yg merasa dicurangi, maka penetapan pemenang (Jokowi-JK) belum bisa dikatakan final.
riau24_rdgbt_768.jpg
Inhu Berduka. Seorang putra terbaik Kabupaten Inhu, AKBP Soesilowadi atau yang kerap disapa 'bang ilo' menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, Kamis (14/08/14) sekitar pukul 19.30 malam kemarin.
riau24_tpbpc_766.jpg
Rata-rata, wanita membutuhkan waktu 23 menit untuk bisa mencapai orgasme saat bercinta. Setidaknya itulah hasil studi dalam Journal of Sexual Medicine. Tapi, bagaimana jika hanya tersedia waktu sebentar, sebut saja lima menit.
riau24_nmj5f_767.jpg
Tragedi Pilpres adalah simulasi penguasa dengan bermoduskan Pseudo Event. Terhadap gugatan pasangan Capres Prabowo Hatta, besar keyakinan bahwa MK akan menerima gugatan pemohon, yang nantinya akan memberikan putusan ambivalen; yaitu gugatan pemohon diterima, dan membatalkan keputusan KPU.
riau24_dbzle_752.jpg
Moment silaturahmi di Hari Lebaran identik dengan tradisi berkumpul dan menikmati aneka makanan khas. Tidak terkecuali untuk tahun ini, Hotel ibis Pekanbaru memberikan penawaran istimewa bagi Anda yang ingin meyantap menu lezat khas Lebaran, tanpa repot untuk segala persiapannya. 
riau24_tynyz_765.jpg
Antibakteri umum yang mudah ditemukan dalam produk sehari-hari seperti sabun, detergen, kosmetik, dan bahkan mainan anak. Apakah penggunaan produk-produk tersebut bisa dikatakan aman untuk ibu hamil?
riau24_uzzjg_762.jpg
Gak terasa yah, sudah tambah lagi setahun umur tanah air kita. Mari kita ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-69, semoga tambah dewasa, tambah berkiprah, pastinya ingin tambah jaya. Tapi kenapa yah masyarakatnya gak tambah sejahtera?
riau24_96efx_764.jpg
Perumpamaan sarang laba-laba adalah suatu perumpamaan yang buruk terhadap sebuah bangunan keluarga ataupun bangunan negara. 
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com