Jumat, 01 Agustus 2014
Bersiap Sambut "Kelinci" Berbahaya
Usagi, Badai Topan Terkuat Dekati Hongkong
0
Usagi, Badai Topan Terkuat Dekati Hongkong
HONGKONG,(Riau24)--- Topan terkuat sepanjang tahun ini, Usagi, mendekati Hongkong kemarin (22/9). Badai tersebut diperkirakan mendarat pada Minggu malam atau Senin pagi ini (23/9). Angin berkecepatan 185 kilometer itu akan menyapu wilayah utara, yakni daerah otonomi khusus Tiongkok.
   
Untuk mengantisipasi dampak topan tersebut, ratusan penerbangan dibatalkan dan pelayaran di pelabuhan dihentikan. Usagi dikategorikan sebagai topan berbahaya dengan kecepatan angin yang mencapai 175-213 km per jam. Kategori badai itu turun menjadi supertopan pada Sabtu (21/9) dengan kecepatan angin di bawah 241 km per jam saat melintasi Teluk Luzon yang memisahkan Filipina dan Taiwan.

Di Filipina, Usagi sudah merenggut dua nyawa dan dua lainnya hilang. Sementara itu, di Taiwan sembilan orang terluka karena tertimpa pohon yang roboh di Pulau Kinmen, pesisir Tiongkok.

Saat belum melintas saja, jejak awal Usagi yang artinya kelinci dalam bahasa Jepang itu mulai terlihat. Angin kencang dan hujan deras yang melanda Hongkong telah memaksa otoritas untuk menghentikan aktivitas di pelabuhan Hongkong. Padahal, pelabuhan tersebut merupakan salah satu tempat yang paling padat di dunia. Bukan hanya itu, ratusan penerbangan juga ditunda.
   
Bukan hanya Hongkong, si kelinci tersebut juga diperkirakan "menyapa" Tiongkok dan Taiwan. Di Tiongkok, ribuan kapal di delta Sungai Mutiara, Guangdong, Tiongkok, diangkut dari air dan diamankan di daratan. "Kami cemas badai dan ombak tinggi akan mengempaskan kapal-kapal tersebut," kata otoritas setempat sebegaimana dikutip CNN kemarin.
   
Memang, Usagi yang membawa angin dengan kecepatan 165 kilometer per jam tersebut diduga akan menerjang Sungai Mutiara yang padat populasi. Bukan hanya kapal, lebih dari 80 ribu orang sudah pindah ke daratan yang lebih aman di Provinsi Fujian untuk sementara. Selain itu, otoritas meminta lebih dari 44 ribu kapal nelayan yang berlayar agar segera kembali ke pelabuhan.

Berdasar kantor berita Xinhua, badan meteorologi nasional Tiongkok sudah mengeluarkan keadaan waspada tingkat tinggi. "Usagi bakal membawa hujan yang superderas di beberapa bagian Tiongkok," tutur juru bicara badan meteorologi nasional Tiongkok.


(R24/cs/jppn)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com