Kamis, 17 April 2014
Bersiap Sambut "Kelinci" Berbahaya
Usagi, Badai Topan Terkuat Dekati Hongkong
0
Usagi, Badai Topan Terkuat Dekati Hongkong
HONGKONG,(Riau24)--- Topan terkuat sepanjang tahun ini, Usagi, mendekati Hongkong kemarin (22/9). Badai tersebut diperkirakan mendarat pada Minggu malam atau Senin pagi ini (23/9). Angin berkecepatan 185 kilometer itu akan menyapu wilayah utara, yakni daerah otonomi khusus Tiongkok.
   
Untuk mengantisipasi dampak topan tersebut, ratusan penerbangan dibatalkan dan pelayaran di pelabuhan dihentikan. Usagi dikategorikan sebagai topan berbahaya dengan kecepatan angin yang mencapai 175-213 km per jam. Kategori badai itu turun menjadi supertopan pada Sabtu (21/9) dengan kecepatan angin di bawah 241 km per jam saat melintasi Teluk Luzon yang memisahkan Filipina dan Taiwan.

Di Filipina, Usagi sudah merenggut dua nyawa dan dua lainnya hilang. Sementara itu, di Taiwan sembilan orang terluka karena tertimpa pohon yang roboh di Pulau Kinmen, pesisir Tiongkok.

Saat belum melintas saja, jejak awal Usagi yang artinya kelinci dalam bahasa Jepang itu mulai terlihat. Angin kencang dan hujan deras yang melanda Hongkong telah memaksa otoritas untuk menghentikan aktivitas di pelabuhan Hongkong. Padahal, pelabuhan tersebut merupakan salah satu tempat yang paling padat di dunia. Bukan hanya itu, ratusan penerbangan juga ditunda.
   
Bukan hanya Hongkong, si kelinci tersebut juga diperkirakan "menyapa" Tiongkok dan Taiwan. Di Tiongkok, ribuan kapal di delta Sungai Mutiara, Guangdong, Tiongkok, diangkut dari air dan diamankan di daratan. "Kami cemas badai dan ombak tinggi akan mengempaskan kapal-kapal tersebut," kata otoritas setempat sebegaimana dikutip CNN kemarin.
   
Memang, Usagi yang membawa angin dengan kecepatan 165 kilometer per jam tersebut diduga akan menerjang Sungai Mutiara yang padat populasi. Bukan hanya kapal, lebih dari 80 ribu orang sudah pindah ke daratan yang lebih aman di Provinsi Fujian untuk sementara. Selain itu, otoritas meminta lebih dari 44 ribu kapal nelayan yang berlayar agar segera kembali ke pelabuhan.

Berdasar kantor berita Xinhua, badan meteorologi nasional Tiongkok sudah mengeluarkan keadaan waspada tingkat tinggi. "Usagi bakal membawa hujan yang superderas di beberapa bagian Tiongkok," tutur juru bicara badan meteorologi nasional Tiongkok.


(R24/cs/jppn)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com