Minggu, 20 April 2014
Tak Ada Dermaga, Bongkar Muat Sapi-sapi 'Dipaksa' Berenang
0
Tak Ada Dermaga, Bongkar Muat Sapi-sapi 'Dipaksa' Berenang

Situbondo - Bongkar muat ternak sapi di Pelabuhan Kalbut Situbondo cukup memprihatinkan. Saat pembongkaran sapi-sapi dilempar dari atas kapal motor ke tengah laut, sebelum akhirnya dipaksa berenang secara bergiliran.

Hampir 50 meter puluhan sapi baik pedet maupun sapi dewasa harus berenang menuju tepi pantai. Hal serupa juga terjadi setiap terjadi pengiriman sapi dari pelabuhan Kalbut menuju luar pulau.

Sapi yang biasanya berbobot di atas 600 kg itu ditarik dari daratan, kemudian berenang menuju kapal motor yang hendak membawanya. Hal itu biasa dilakukan lantaran belum adanya dermaga khusus pembongkaran hewan di pelabuhan tersebut.

"Itu bukan tradisi, tapi keadaan untuk bongkar muat hewan ternak memang harus seperti itu. Karena belum ada dermaga khusus yang menyiapkan fasilitas bongkar muat hewan ternak di sini," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kalbut Ansori, kepada detikcom, Sabtu (28/9/2013).

Keterangan yang dihimpun detikcom menyebutkan, aktivitas pembongkaran hewan ternak berupa sapi biasa dilakukan di pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, setiap satu minggu satu kali. Ternak yang tiba di pelabuhan itu biasanya kiriman asal pulau Madura untuk diperjual-belikan di pasaran Situbondo. Sekali pembongkaran, biasanya terdapat 60 hingga 70 ekor sapi yang diturunkan dari dua kapal motor.

Sementara pengiriman sapi menuju luar pulau dilakukan pedagang setiap menerima pesanan. Sesuai ketentuan, sapi-sapi yang dikirim ke luar pulau itu harus memiliki bobot di atas 600 kg dan sudah melalui pemeriksaan di karantina kehewanan setempat. Sapi yang hendak dikirim digiring dan berenang di laut menuju kapal motor yang hendak membawanya berlayar.

Pemandangan miris tampak saat sapi hendak dinaikkan kapal. Menggunakan tali plastik, sapi berbobot tinggi biasanya ditarik sejumlah orang dari atas kapal motor. Saat bersamaan, sejumlah orang lain juga mendorong badan sapi dari bawah.

"Memang tampak tidak berprikehewanan. Tapi mau bagaimana lagi, di pelabuhan ini belum ada dermaga yang menyiapkan fasilitas khusus untuk bongkar muat ternak sapi," tukas Ansori.


(R24/snd/detik)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com