Jumat, 19 September 2014
Pelantikan Kapolri Tak Menunggu Timur Pensiun
0
Pelantikan Kapolri Tak Menunggu Timur Pensiun

Jakarta - Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo mengatakan masa jabatannya sebagai pimpinan Korps Bhayangkara tak akan berakhir sesuai masa pensiunnya pada Januari 2014 mendatang. "Saya kira (penggantian Kepala Polri) tahun ini," kata Timur, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 30 September 2013.

Menurut Timur, proses penggantian Kepala Polri bakal sangat bergantung pada proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri, Komisaris Jenderal Sutarman, di Dewan Perwakilan Rakyat. "Nanti, menunggu penjadwalan fit and proper test," ujarnya.

Ia berharap proses penggantian Kepala Polri bisa berlangsung secepatnya. Sebab, Kepala Polri yang baru punya tugas berat untuk mengamankan jalannya tahapan Pemilihan Umum 2014. "Langkah-langkah pengamanan itu harus dipersiapkan dengan baik," ujar Timur.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan nama calon Kepala Polri ke DPR pada 27 September lalu, dalam surat bernomor R-74/Pres/09/2013 tertanggal 26 September 2013. Judul surat: "Pemberhentian dan Pengangkatan Kapolri". Dalam suratnya, SBY hanya mengusulkan Sutarman sebagai calon Kepala Polri.

Sebelumnya sejumlah jenderal digadang-gadang bakal menjadi Kapolri. Tiga di antaranya adalah Sutarman (yang merupakan mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid), Komjen Budi Gunawan (mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri), dan Inspektur Jenderal Putut Eko Bayu Seno (mantan ajudan Presiden SBY).


(R24/snd/tempo)

Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com