Rabu, 23 Juli 2014
Bank Mandiri Peroleh Kesempatan Di Malaysia
0
Bank Mandiri Peroleh Kesempatan Di Malaysia
JAKARTA--Bank Sentral Malaysia atau Bank Negara Malaysia (BNM) bersedia membuka pintu bagi bank dengan aset terbesar di Indonesia ini.  Perjuangan Bank Mandiri selama tiga tahun untuk menembus pasar Malaysia akhirnya berbuah manis.

Gubernur Bank Negara Malaysia Zeti Akhtar Aziz mengatakan, "secara prinsip, pihaknya sudah memberikan ijin kepada Bank Mandiri untuk membuka cabang secara penuh (full branch) di Malaysia. Namun, masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Bank Mandiri. Yang pasti, kami berikan fleksibilitas supaya (Bank Mandiri) bisa memenuhi target,"  dalam acara Regional Lecture Islamic Banking di Gedung Bank Indonesia (BI) Jakarta, Rabu (19/12).

Meski memberi ijin, Malaysia tetap memberlakukan syarat ketat. Misalnya, syarat modal minimal 300 juta Ringgit (sekitar Rp 900 miliar), serta pembukaan kantor cabang dan penempatan lokasi mesin ATM yang terbatas di wilayah-wilayah tertentu saja.

Bank Mandiri secara resmi sudah melayangkan keberatan terkait syarat ketat tersebut, terutama dalam hal permodalan serta keleluasaan pembukaan cabang. Keberatan itulah yang saat ini masih dibahas oleh bank sentral Malaysia. "Kami sudah berdiskusi, tapi akan prematur untuk dijabarkan  sekarang," kata Zeti Akhtar Aziz.b

Direktur Finance & Strategic Bank Mandiri Pahala N. Mansury mengatakan, "untuk permodalan, pihaknya mengajukan keringanan kepada bank sentral Malaysia agar modal 300 juta Ringgit tersebut bisa dipenuhi secara bertahap. Artinya, disesuaikan dengan profitabilitas (tingkat keuntungan) dan kecakapan usaha Bank Mandiri di Malaysia. Untuk pembukaan cabang, kami juga minta diberi keleluasaan ".

Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri pertama kali masuk ke Negeri Jiran Malaysia pada November 2009 lalu. Ketika itu, Bank Mandiri membentuk anak usaha Mandiri International Remittance Sdn Bhd, namun usahanya terbatas pada transaksi remitansi atau pengiriman uang dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia.

Jika nanti kantor cabang penuh sudah terealisasi, maka Bank Mandiri bisa beroperasi secara penuh di Malaysia, mulai dari menerima dana simpanan nasabah, menyalurkan kredit, maupun mengembangkan jaringan ATM. (R24/AR)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com