Minggu, 20 April 2014
Tucuxi Ringsek, Dahlan Tetap Dukung Mobil Listrik
0
(Foto:Net)
Tucuxi Ringsek, Dahlan Tetap Dukung Mobil Listrik
Magetan -- Meski mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil elektrik Tucuxi, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan tetap mendukung proyek pembuatan mobil bertenaga listrik tersebut.

"Tetap diteruskan, ini bagian yang harus dilewati," katanya saat diwawancarai di Pondok Sabilil Muttaqin (PSM) Kecamatan Takeran, Magetan, Jawa Timur, Sabtu malam, 5 Januari 2013. Mobil elektrik Tuxuci yang dikendarainya kecelakaan di Jalan Raya Solo-Magetan, Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Sabtu sore. Dahlan selamat dan tak mengalami luka serius.

Menurut Dahlan, penyebab kecelakaan bukan karena mesin mobil karena mobil elektrik tersebut tak bermesin. Penyebabnya lebih pada ketahanan suku cadang mobil. Menurutnya, rem kaki dan rem tangan (hand rem) tiba-tiba tak berfungsi. "Karena rem tak berfungsi, saya sengaja menabrakkannya kje tebing dan terpental hingga menabrak tiang listrik," katanya. (Lihat: Mengapa Dahlan Sengaja Tabrakkan Tucuxi?)

Keputusannya menabrakkan mobil Tucuxi ke samping karena khawatir akan tabrakan dengan mobil yang akan didepannya. "Daripada merugikan orang lain dan menimbulkan banyak korban, lebih baik saya tabrakkan tebing," ucapnya. (Lihat foto-foto mobil Tucuxi milik Dahlan).

Meski belum sempurna, menurut Dahlan, mobil bertenaga listrik itu sangat bagus. "Tenaganya lebih kuat dibanding mobil biasa terutama saat menaiki jalan menanjak," ucapnya. Namun kejadian ini akan jadi evaluasi baginya. "Mungkin saya terlalu terburu-buru membawanya dalam jarak yang jauh dan medan yang berat," katanya.

Kecepatan mobil Tucuxi yang dikendarai waktu itu cukup cepat. "Sekitar 80 kilometer," ujarnya. Apalagi saat itu melintas di jalanan yang menurun. Rombongan Dahlan sebenarnya dikawal dengan mobil patroli pengawal (patwal) kepolisian. Namun karena rem blong, kecelakaan tak bisa dihindari. Dahlan membeberkan kronologi kecelakaan akibat rem blong tersebut.

Diduga kampas rem habis karena pengereman yang berlebihan dalam jangka waktu cukup lama. "Mungkin salah saya karena terlalu banyak mengerem," ucapnya. Medan yang dilalui sebelum kecelakaan memang cukup berat. Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, yang berbatasan dengan Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan wilayah lereng Gunung Lawu. Lokasi kecelakaan berada di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, setelah rombongan melewati kawasan wisata Telaga Sarangan, Magetan.

Sabtu pagi, Dahlan mengendarai Tucuxi dari Solo dan dijadwalkan tiba di kampung halamannya, Magetan, sore hari. Namun nahas, mobil yang dikendarainya terperosok dan menghantam tiang listrik serta menyenggol sebuah mobil dari arah berlawanan.

Kaca seluruh mobil Tucuxi pecah. Beruntung, Dahlan dan mekanik yang menemaninya, Riki, selamat dan tak mengalami luka serius. "Saya sengaja menguji mobil ini berjalan sampai 1.000 kilometer sebelum mobil ini digunakan orang lain (masyarakat)," katanya. Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.(Tempo.co/Bar)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_3ztvd_654.jpg
Saat gairah dan stamina seksual mulai menurun karena berbagai faktor, obat perangsang atau obat kuat pun menjadi pilihan pria untuk meningkatkan kinerja seksual.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_89hjx_656.jpg
Hotel ibis Pekanbaru, yang pada tanggal 1 Mei mendatang genap berusia 10 tahun, tahun ini merayakan hari jadinya dengan cara yang berbeda. Serangkaian kegiatan sudah dijalankan di bulan April dengan perayaan malam puncaknya bersama keluarga besar dan karyawan pada tanggal 3 Mei 2014.
riau24_ugt7f_655.jpg
NHS melaporkan kanker testis merupakan jenis kanker yang paling sering ditemukan pada pria di Inggris, terutama yang usianya berkisar antara 15-45 tahun. Namun sayangnya banyak pria Inggris yang tak tahu bagaimana mengecek risiko kanker testis mereka.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com