riau24

Cuaca Buruk, KSOP Bengkalis Keluarkan Surat Imbauan Untuk Perusahaan Pelayaran

Jumat, 28 Desember 2018 | 11:08 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Di Perairan Selat Bengkalis sejak beberapa hari terakhir, kondisi cuaca memang sudah tidak menentu. Apalagi, gelombang tinggi dan angin kencang sering terjadi tidak bisa diprediksi.

Dengan kondisi cuaca saat ini tersebut, Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis melalui Kepala Tata Usaha Syafrizal, Jumat 28 Desember 2018 menyampaikan, kondisi cuaca seperti ini memang terjadi di setiap akhir tahun.

"Sejauh ini belum membahayakan pelayaran. Kita belum ada menerima informasi kapal yang terganggu pelayarannya karena kondisi cuaca seperti ini,"ungkap Syafrizal.

Lanjutnya, untuk melakukan antisipasi cuaca buruk ini KSOP Bengkalis sebenarnya sudah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh perusahaan pelayaran agar  berhati hati dalam berlayar apalagi kondisi cuaca yang tidak baik.

"Kita tetap mengacu sama data BMKG kita lihat prediksi cuaca untuk hari berikutnya melalu BMKG,"ujarnya.

Diutarakannya, imbauannya kepada perusahaan pelayaran jika menemukan cuaca yang tidak baik agar kapal mereka kembali ke pelabuhan asal. Atau paling tidak mencari tempat bersandar yang aman.

"Kita tidak merekomendasikan untuk tetap berlayar, kalau bisa kembali ke pelabuhan asal atau bersandar ke tempat yang aman. Tunggu kondisi cuaca membaik baru melanjutkan perjalanan,"ungkapnya lagi.

Dari data BMKG beberapa hari terakhir kondisi cuaca dan angin masih seperti biasa. Tidak terlalu kencang dan masih aman untuk melakukan pelayaran.

"Terutama di daerah Tanjung Jati, Tanjung Sekodi dan Selat Malaka wilayah yang rawan. Namun sampai saat ini belum ada nakhoda kapal yang melaporkan adanya ketinggian gelombang yang tidak bisa di layari dan masih bisa dilayari,"katanya lagi.

Kondisi cuaca buruk atau angin kencang ini bersifat mendadak. Sehingga KSOP Bengkalis sudah mengingatkan seluruh nakhoda pelayaran Bengkalis untuk berhati hati dan tidak memaksakan diri untuk berlayar dengan kondisi cuaca buruk.

"Sampai saat ini memang nelayan juga belum ada melaporkan kondisi cuaca menganggu aktifitas mereka. Namun kita ingatkan juga untuk tetap waspada,"ujarnya dia lagi.(***)

 

R24/phi
    

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...