riau24

Ini Lima Dampak Kembang Api Bagi Kesehatan yang Dihindari Saat Tahun Baru

Minggu, 30 Desember 2018 | 12:55 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Pergantian tahun 2019 tinggal sehari lagi. Biasanya banyak orang yang mempersiapkan untuk menyambut malam pergantian tahun tersebut.

Biasanya, berbagai kegiatan pun dilakukan, seperti jamuan keluarga, makanan yang akan dimasak, hingga stok kembang api. Tapi untuk kembang api, ada baiknya dihindari saat malam tahun baru.



BACA JUGA : RSUD Arifin Achmad Menuju Pusat Pengobatan Ginjal di Riau

Sebab, ada lima dampak negatif dibalik warna warni kembang api yang biasa kita lihat. Apa saja dampaknya? Simak langsung dampak kembang api seperti yang dilansir dari Klikdokter.com, 29 Desember 2018.

1. Luka bakar

Sekarang ini banyak model kembang api sangat bervariasi. Tapi, keberagaman variasi kembang api ini dapat menjadi pisau bermata dua, terutama pada kembang api yang dipegang oleh tangan.

Risiko terburuk daei kembang api adalah dapat meledak dan mengenai tangan orang yang memegangnya. Sehingga terjadilah luka bakar pada orang tersebut. 

2. Polusi suara

Beberapa tipe kembang api dapat menimbulkan suara yang sangat keras dan dapat mengganggu orang-orang yang berada di lingkungan sekitar. Apabila jika ada orang yang memiliki penyakit jantung maupun epilepsi, gejala mereka bisa kambuh akibat suara keras dari kembang api.

3. Polusi udara

Kembang api yang terbakar tentu akan menghasilkan polutan udara, seperti sulfur dioksida (SO2), karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), dan beberapa bahan garam logam seperti aluminium, mangan, dan kadmium.



BACA JUGA : Air Kemasan yang Terpapar Panas Membahayakan Tubuh, Benarkah? Ini Penjelasannya

Senyawa tersebut bisa mencemari udara dan meningkatkan angka kejadian penyakit batuk kronis, sesak napas hingga terjadinya asma, paru-paru obstruksi kronis, infeksi saluran napas, dan kanker paru-paru.

4. Stres

Suara kembang api yang sangat keras juga bisa membuat hewan stres dan takut. Tak hanya itu, mereka dapat lari dan melukai diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

5. Kebakaran

Kembang api yang keluar jalur dan mengenai rumah penduduk atau tumbuhan, bisa menimbulkan kebakaran hingga merusak lingkungan sekitar. Bila itu terjadi, bahaya terhadap kesehatan seperti masalah saluran pernapasan dan lukar sangat dapat terjadi.

Maka dari itu, ada baiknya dihindari main kembang api di malam tahun bar ataupun tidak. Sebab dapat menimbulkan kerugian baik diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...