riau24

Gelombang Laut Tinggi, Keberangkatan Kapal Kargo Sempat Ditunda, Nahkoda Kapal Diminta Waspada

Rabu, 02 Januari 2019 | 18:22 WIB
Plt Kepala KSOP Selatpanjang, Suharto/mad Plt Kepala KSOP Selatpanjang, Suharto/mad

RIAU24.COM -  SELATPANJANG - Sejak dua pekan terakhir, angin bertiup kencang di sekitar wilayah Kepulauan Meranti. Sehingga mengakibatkan gelombang laut mejadi tinggi.

Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang mengaku kondisi cuaca di laut cukup tinggi jika dibandikan hari biasanya. Bahkan gelombang laut mencapai ketinggian 2,5 meter.

"Dari data BMKG ketinggian air laut pada hari ini mulai dari 0,75 sampai 1,5 meter. Kemarin mencapai 2,5 meter," kata Plt Kepala KSOP Selatpanjang, Suharto, Rabu 2 Januari 2019.



BACA JUGA : Terpilih Jadi Ketua KONI, Bocang Targetkan Meranti Masuk Lima Besar Dalam Porprov 2021 di Kuansing

Bahkan mereka sempat menunda keberangkatan satu unit kapal kargo yang akan berangkat ke Malaysia. Karena mengkhawatirkan keselamatan mereka jika memaksa melewati gelombang tinggi.

"Lebih baik tidak berangkat daripada tidak pernah sampai sama sekali. Makanya kita tunda keberangkatan kapal kargo sampai ketinggian gelombang normal," sebutnya.

Harto juga sudah mengimbau kepada seluruh pemilik kapal angkutan yang melintas diwilayah Kepulauan Meranti. Agar tetap waspada dan berhati-hati dengan kondisi gelombang tinggi.

"Kalau ada gelombang tinggi nahkoda diminta segera mencari perlindungan ke Pulau terdekat. Agar tetap aman," kata Kepala KSOP Selatpanjang itu.(***)


R24/phi

 

PenulisR24/mad


Loading...

loading...