riau24

Sidang Lanjutan 55 Kg Sabu dan 46.718 Butir Ektasi, PH Minta Tiga Terdakwa Dibebaskan

Kamis, 03 Januari 2019 | 15:16 WIB
Sidang kasus sabu Bengkalis/hari Sidang kasus sabu Bengkalis/hari

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Agenda pledoy sidang lanjutan tiga terdakwa dengan Barang Bukti (BB) narkoba jenis sabu 55 Kg dan pil ekstasi 46.718 butir kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Kamis 3 Januari 2019.

Pledoi ini dibacakan secara terpisah oleh kedua PH yang hadir dalam sidang tersebut. Pertama untuk terdakwa Dedi Purwanto (25) dan Juliar (23) dibacakan oleh PH Helmi Syafrizal, SH. Sedangkan untuk terdakwa Andi Syahputra (27) dibacakan oleh PH Fahrizal, SH.

“Karena ada beberapa yang mengarah kedua klien kami, tidak ada satupun bukti-bukti dipersidangan, sehingga untuk klien Dedi Purwanto dan Juliar untuk dibebaskan dari segala tuntutan,"ungkap Helmi Syafrizal, SH kepada sejumlah wartawan.



BACA JUGA : Diduga Hendak Edarkan Sabu, Polsek Bengkalis Ringkus Warga Tambak Rejo Jangkang

Sedangkan Penasehat Hukum, Farizal membacakan pledoi untuk terdakwa Andi Syahputra mengatakan dihadapan Majelis Hakim, bahwa pada saat penangkapan oleh pihak Kepolisian, barang bukti tidak ditangan Andi Syahputra.

“Tapi, barang bukti tersebut di rumah Rosmanto Desa Pasiran, Kec. Bantan, Kab. Bengkalis yang kini Rosmanto masih DPO pihak Kepolisian. Sehingga kami memohon kepada majelis hakim untuk membebas klien kami dari segala tuntutan,"ujar Farizal.

Sidang ini dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Dr Sutarno SH, MH, didampingi dua anggota Wimmi D. Simarmata, SH dan Aulia Fhatma Widhola SH. Sedangkan dari JPU Kejari Bengkalis dihadiri Kasipidum Iwan Roy Carles SH.

Sementara itu, terkait pledoi yang disampaikan oleh kedua PH tersebut, pihak JPU Kejari Bengkalis secara tegas mengajukan Replik atau tanggapan dari nota pembelaan kepihak PH ketiga terdakwa ini, yang agendanya akan dibacakan pada hari Kamis (10/01/19) pekan depan.



BACA JUGA : Pemkab Bengkalis Sampaikan APBD Perubahan ke DPRD

Sebelumnya JPU menuntut ketiga dengan hukuman mati, sesuai pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) undang-undang 35 tahun 2009. Karena ketiga terdakwa telah terbukti dan meyakinkan, menguasai narkoba jenis sabu dan pil ekstasi.

Perkara narkoba ini terungkap, setelah jajaran Polsek Bengkalis menangkap 2 orang di RoRo Bengkalis Andi Saputra dan Dedi Purwanto, pada hari Rabu 25 April 2018 pukul 15.00 WIB, yang diduga jaringan internasional, dengan barang bukti sabu 25 kg dan pil ekstasi 20.800 butir dalam mobil travel.

Dari hasil pengembangan tersebut, kembali temukan barang bukti 30 kg sabu dan 25.918 butir ekstasi, dalam rumah milik pelaku Juliar di Desa Pasiran, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.(***)

 

R24/phi

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...