riau24

4 Januari: Presiden Soekarno Pindahkan Ibu Kota Negara ke Yogyakarta

Jumat, 04 Januari 2019 | 15:50 WIB
Presiden Soekarno melakukan rapat (foto/int) Presiden Soekarno melakukan rapat (foto/int)

RIAU24.COM -  Jumat 4 Januari 2018, Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Setidaknya kalimat dari Presiden RI pertama, Soekarno ini tidak boleh diacuhkan. 

Sebab banyak peristiwa sejarah yang bisa memacu semangat hingga mensyukuri keadaan saat ini. Seperti 4 Januari 1946 adalah momen bersejarah bagi Presiden Soekarno juga bangsa Indonesia. 

Seperti diketahui meski rakyat Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Setelah Jepang kalah perang, Belanda yang waktu itu bersama sekutu, masih ingin kembali menguasai Indonesia. Bahkan tercatat beberapa kali 
Netherlands-Indies Civil Administration (NICA) ingin membunuh Soekarno. 

Hingga pada 3 Januari 1946 bersama tokoh bangsa menggelar rapat untuk pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Yogyakarta. Sebab pada saat ini NICA telah berhasil menduduki Jakarta. 

Seperti dilansir wikipedia, 4 Januari 1946 dini hari, Presiden Ir Soekarno bersama rombongan melakukan perjalanan menuju Yogyakarta dengan memakai kereta api. 

Dirangkum dari berbagai sumber lainnya, pemindahan ibu kota negara sudah disetujui Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam VIII. Di Yogyakarta Ir Soekarno bersama menteri dan tokoh bangsa lainnya menjalankan roda pemerintahan RI selama hampir 2 tahun. 

PenulisR24/riko


Loading...

loading...