riau24

Petani Mulai Lakukan Panen Raya di Kuansing, Inilah Hamparan dan Lokasinya

Minggu, 06 Januari 2019 | 21:28 WIB
Padi yang siap dipanen oleh petani Kuansing/zar Padi yang siap dipanen oleh petani Kuansing/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Petani yang berada di beberapa desa di Kecamatan Hulu Kuantan dan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, sudah mulai melakukan panen padi, masa tanam 2018/2019.

Beberapa desa yang telah mulai melakukan panen raya yakni Desa Sungai Alah, bersamaan dengan Desa Tanjung, Sungai Pinang dan desa lainnya di Kecamatan Hulu Kuantan. Hal yang sama juga dilakukan oleh petani Desa Bukit Padusunan, Luai, Pebaun dan Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik.



BACA JUGA : Wabup Kunjungi Lapas Teluk Kuantan, 163 Orang Peroleh Remisi, 2 Orang Langsung Bebas

Sedangkan desa lainnya di Seberang Pantai, Pulau Binjai, Rantau Sialang, Kinali, Aur Duri, Bukit Kauman di Kecamatan Kuantan Mudik diperkirakan dalam waktu dua tiga minggu ke depannya.

Menurut salah satu petani Kecamatan Kuantan Mudik, Azwir (58) bahwa kegiatan panen padi di areal persawahannya telah dimulai. Sebagai salah satu bentuk keberhasilan petani dalam bercocok tanam.

"Sejak ditanam sampai empat bulan, petani akan melakukan panen padi, sebagai pertanda telah berhasil dalam bercocok tanam," ujarnya ketika dihubungi Riau24.Com, Minggu (6/1).

Sementara petani Areal persawahan Desa Luai, Tutung (49) menyebutkan kalau dirinya juga sudah mulai melakukan panen padi sawah, dengan jenis padi pulut. " Alhamdulillah, untuk sementara ini baru memperoleh sekitar sembilan karung," ujarnya.

Dirinya meyakini hasil panen padi pada musim tanam 2018/2019 terjadi peningkatan, jika dibandingkan pada musim tanam tahun lalu (2017/2018).



BACA JUGA : Wabup Halim Bantu Rp1 Juta Setiap Jalur yang Ikut Berpacu di Tepian Narosa

Dalam pantauan Riau24.Com di lapangan, para petani terlihat sibuk melakukan panen padi, dengan Varietas PB-42, Singgang Putiah, Padi Kuniang, dan beberapa jenis lainnya. Kegiatan panen padi yang berada di hamparan Persawahan maupun Ladang, diperkirakan masih terus berlangsung sampai akhir Februari atau awal Maret.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan panen yang dilakukan petani ini, akan mampu menambah produksi padi di tengah tengah masyarakat. Sehingga tidak terlalu pusing lagi dengan urusan beras untuk kebutuhan keluarga.(***)


R24/phi

 

PenulisR24/zar


Loading...

loading...