riau24

Buah Kemang Banyak Manfaatnya, Salah Satunya Menjaga Stamina

Senin, 07 Januari 2019 | 10:28 WIB
Manfaat buah kemang bagi kesehatan/int Manfaat buah kemang bagi kesehatan/int

RIAU24.COM -  Pohon kemang tumbuh secara alami di Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya, dan banyak dibudidayakan di Jawa bagian Barat, terutama Bogor.

Tumbuhan ini terutama menyebar di dataran rendah di bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl. Jenis ini tahan terhadap penggenangan dan seringkali didapati dekat tepi sungai.

Tidak banyak yang mengetahui akan pohon kemang ini. Dilansir dari Manfaattanaman.co.id, buahnya terlihat mirip dengan mangga begitu juga dengan buahnya. Buah kemang terlihat apabila telah matang berwarna kuning kecoklat-coklatan. Buah ini mengeluarkan aroma seperti terpentin. Daging buah mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis.



BACA JUGA : Resep Sate Kulit Ayam Minyak Wijen

Manfaat kemang bagi kesehatan diantaranya :

1. Baik untuk pencernaan
Khasiat kemang yang pertama yaitu sebagai buah yang baik unuk pencernaan. Buah ini tidak akan membuat pencernaan Anda penuh karena dapat dicerna dengan mudah. Buah ini juga akan menyehatkan organ pencernaan Anda dan melancarkannya.

2. Penambah stamina
Manfaat kemang untuk tubuh yang kedua yaitu sebagai makanan penambah stamina. Anda tidak perlu mengonsumsi penambah stamina dengan bahan kimia. Cukup dengan mengonsumsi buah kemang setiap hari, maka Anda akan siap untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Meningkatkan fungsi otak
Manfaat kemang untuk tubuh selanjutnya yaitu meningkatkan fungsi otak. Kandungan mineral dan vitamin dalam buah ini bisa membantu kinerja otak agar dapat bekerja dengan lebih baik dan juga tajamdalam merespon apa yang Anda rasakan maupun lakukan.

4. Membantu dalam pembentukan tulang
Manfaat kemang untuk tulang yaitu membantu dalam pembentukkan tulang. Buah ini akan membantu tubuh Anda dari dalam untuk memperbaiki bagian-bagian tulang yang keropos, sehingga bisa mengatasi penyakit osteoporosis.

5. Membentuk protein dalam tubuh
Khasiat kemang selanjutnya yaitu membantu tubuh dalam membentuk protein. Protein yang cukup dalam tubuh Anda akan membuat Anda lebih sehat. Anda tidak akan mudah terserang penyakit karena kekurangan protein.

6. Menjaga keseimbangan hormon
Buah kemang erat kaitannya dengan hormon dalam tubuh. Kandungan buah ini akan menjaga keseimbangan hormon di tubuh Anda. Hormon yang cenderung seimbang akan menstabilkan kesehatan badan Anda.

7. Sumber energi
Energi yang baik dan alami bisa Anda dapatkan dari buah ini. Khasiat kemang dengan banyaknya vitamin dan mineral adalah makanan sumber energi yang mencukupi. Anda akan senantiasa berenergi dan juga sehat setiap hari setelah mengonsumsi buah ini.

8. Memperbaiki sel tubuh
Sel tubuh yang rusak akan diperbaiki oleh kandungan buah kemang jika Anda memakan buah ini dengan rutin. Sel rusak adalah pemicu tumbuhnya sel kanker. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari serangan penyakit kronis seperti kanker.

9. Melindungi ginjal
Organ tubuh penting yang satu ini juga akan ikut terkena dampak positif dari buah kemang, yaitu ginjal. Ginjal Anda akan senantiasa dilindungi dari serangan penyakit ginjal yang dapat merusak sistem organ tubuh.


Sedangkan hasil olahan yang dapat dilakukan pada buah kemang antara lain adalah:

1. Jus/ Juice
Buah kemang memiliki ukuran seperti buah mangga. Warna kulitnya cokelat dan warna daging buahnya putih. Rasanya asam manis dan memiliki aroma yang wangi. Buahnya pun bisa diolah, salah satunya menjadi jus kemang.



BACA JUGA : Nikmati Sambil Minum Teh, Coba Resep Nangka Goreng Wijen

2. Sambal
Selain dimakan langsung, buah kemang juga bisa diolah menjadi sambal yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti cabai, garam, gula pasir.

3. Lalapan
Jika buah kemang dapat dijadikan olahan jus, sambal maupun sebagai bahan rujak. Maka daun kemang yang masih muda sering dijumpai dipergunakan oleh masyarakat Sunda sebagai lalapan.(***)

 

R24/phi

 

PenulisTIM BERKAS 34


Loading...

loading...