riau24

Salat Jumat Diganti dengan Salat Zuhur, Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Jumat, 11 Januari 2019 | 10:26 WIB
Ustadz Abdul Somad Ustadz Abdul Somad

RIAU24.COM -  PEKANBARU - Salat Jumat adalah salat yang diwajibkan pada waktu hari Jumat dan bukanlah Salat Zuhur sebagaimana dipahami oleh sebagian manusia. Bagi laki-laki muslim yang telah baligh, salat Jumat wajib dilaksanakan.

Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan Salat Jumat tanpa adanya uzur syar’i. Rasulullah saw juga menyatakan bahwa orang yang meninggalkan Salat Jumat tanpa uzur akan dikunci hatinya.

Dilansir dari video ceramah Ustadz Abdul Somad, Lc. MA yang diposting Ustadz Lover di Youtube pada 7 September 2017, seorang jemaah bertanya kepada Ustadz Abdul Somad apakah boleh kita salat zuhur untuk menggantikan Salat Jumat.



BACA JUGA : Selalu Ada untuk Pasangannya 5 Zodiak Cewek Ini Konon Paling Setia

Ustadz Abdul Somad menyatakan bahwa barang siapa yang menyepelekan salat Jumat, maka pintu hatinya akan tertutup.

Beliau mengatakan: "Hai orang-orang yang beriman. Kalau kau dipanggil melaksanakan sholat jumat. Segeralah, sambut panggilan Allah, Tinggalkan transaksi, tinggalkan jual beli, jangan kau tinggalkan sholat Jum'at! Siapa yang meninggalkan sholat Jumat, 3 kali berturut-turut tanpa udzur syar'i, karena menyepelekan perintah Allah, Allah mengunci pintu hatinya, maka hidayah tidak akan masuk ke dalam telinganya, inilah adzab di atas adzab, karena adzab yang pertama kali ada di dalam hati, Hati terkunci, setelah hati terkunci. Telinga tersumbat, setelah telinga tersumbat. Mata tertutup, kalau sudah telinga tersumbat, nasehat tak lagi bermakna, kalau sudah mata tertutup, segala yang dilihat tak lagi menjadi i'tibar pelajaran, itu semua berawal dari hati yang terkunci, salah satu yang menyebabkan hati terkunci, meninggalkan sholat Jum'at tanpa udzur syar'i. ........"



BACA JUGA : Punya Masalah Dengan Ketiak, Atasi Dengan 3 Deodoran Alami ini


Jadi dijawab Ustadz Abdul Somad, "Siapa yang melaksanakan Salat Jumat secara Sengaja, Allah akan mengunci pintu hati, hati terkunci, telinga tersumbat, mata tertutup gara-gara menyepelekan salat Jumat."

Di dalam menjalankan ibadah salat Jumat, kita tidak hanya bertujuan untuk salat dua rakaat, tetapi juga mendengarkan Khotbah. Ustadz Abdul Somad menyatakan salah apabila kita tidak segera masuk Masjid karena khotbah masih berlangsung.(***)


R24/phi
    

 

PenulisR24/nof


Loading...

loading...