riau24

Biaya Bangun LRT 1 Kilometer Capai Rp500 Miliar, Rocky Gerung Cuit Empat Kata ini

Sabtu, 12 Januari 2019 | 09:35 WIB
Pengamat Politik, Rocky Gerung Pengamat Politik, Rocky Gerung

RIAU24.COM - Pengamat Politik, Rocky Gerung berkomentar soal Wapres Jusuf Kalla (JK) yang marah-marah soal biaya bangun kereta ringan atau light rail transit (LRT) 1 Km mencapai Rp 500 miliar.

Hal itu dia komentari ketika politisi Demokrat, Cipta Panca Laksana membagikan berita nasional tentang LRT yang dikritik oleh JK itu. Seperti biasa, dia pun kembali membuat satire atau sindiran. 

"Kisi-kisinya yang mahal," kicau Rocky Gerung membalas cuitan Cipta Panca itu, Jumat, 11 Januari 2019.

Sebagaimana yang diberitakan, LRT yang dibangun oleh pemerintah pusat dan BUMN Adhi Karya itu dinilai oleh Wapres JK tidak efisien.

"Jangan asal bangun saja," kata JK yang dikutip dari viva.co.id, Jumat, 11 Januari 2019.

JK menjelaskan, inefisiensi pertama bisa dilihat dari keputusan pembangunan rel secara melayang. Padahal, harga tanah yang tidak terlalu mahal di perbatasan Jakarta dan wilayah-wilayah di luar Jakarta, bisa membuat pembangunan rel reguler dengan biaya yang lebih murah.

Kemudian, inefisiensi kedua adalah pembangunan rel tepat di samping jalan tol Jakarta-Cikampek. Kata JK, infrastruktur kereta ringan biasanya dibangun di lokasi berbeda dengan infrastruktur perhubungan yang sudah ada.

JK menegaskan, inefisiensi-inefisiensi itu membuat biaya pembangunan melambung tinggi, mencapai Rp500 miliar per kilometer.

Dia juga menilai, Adhi Karya diperkirakan akan sulit mengembalikan modal investasi. Dia juga mempertanyakan kecakapan konsultan yang merancang proyek.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...