riau24

Jumlah Penghuni Terus Meningkat, Kalapas IIA Bengkalis Tepis Isu Pembangunan Lapas Baru di Duri

Sabtu, 12 Januari 2019 | 11:48 WIB
Kalapas II A Bengkalis Maizar/hari Kalapas II A Bengkalis Maizar/hari

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Bertambahnya penghuni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIA Bengkalis, dikarenakan tingginya tingkat kriminalitas di Kabupaten Bengkalis Riau, membuat LP IIA Bengkalis overload atau terus mengalami peningkatan.

Terjadinya, peningkatan yang sangat tajam tersebut, sebenarnya kapasitas untuk hunian di Lapas Bengkalis hanya bisa menampung 309 penghuni, namun hingga 2019 ini, penghuni di LP itu meningkat sebanyak 400 persen.



BACA JUGA : Wakil Ketua DPRD Bengkalis Ucapkan Bela Sungkawa Atas Wafatnya Ibunda UAS

"Kondisi hunian lapas saat ini sudah over kapasitas 400 persen. Rata rata penghuni didominan kasus narkoba," ungkap Kalapas Bengkalis, Maizar, Sabtu 12 Januari 2019.

Maizar mengaku, kemampuan finansial Pemkab Bengkalis pun juga tidak akan mampu membangun Lapas baru. Jika jumlah tahanan terus menerus bertambah seperti yang terjadi saat ini.

"Memang ada saya mendengar Pemkab Bengkalis akan membangun lapas baru di Duri, namun itu hanya isu. Jika pun itu ada, tentu tidak segampang seperti membangun yang ada di pemkab ini. Artinya, tentu melalui proses yang panjang sampai Kementerian,"ujar Maizar menepis isu tersebut.



BACA JUGA : Bupati Amril Tandatangani 13 Kegiatan Strategis di Pemkab Bengkalis

Masalah over kapasitas yang terjadi, bukan semata-mata permasalahan angka saja. Dengan kondisi kelebihan penghunian mengakibatkan pemenuhan hak narapidana dan tahanan pun jadi tidak optimal.

"Dengan overload kapasitas ini juga sarana dan prasarana serta sumber daya pemenuhan kebutuhan yang tidak sebanding dengan jumlah narapidana dan tahanan yang ada,"tambahnya lagi.(***)


R24/phi

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...