riau24

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019, KPU Rohul Rekrut 55 Relawan Demokrasi

Jumat, 18 Januari 2019 | 20:07 WIB
Komisioner KPU Rohul Bidang Penyelenggaraan Pemilu Elfendri ST. M.eng/alfa Komisioner KPU Rohul Bidang Penyelenggaraan Pemilu Elfendri ST. M.eng/alfa

RIAU24.COM -  PASIRPENGARAIAN - Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu,  Riau, membentuk Relawan Demokrasi.

Dibentuknya relawan demokrasi ini, bertujuan untuk membantu KPU Rohul, dalam mensosialisasikan setiap tahapan Pemilu 2019.

Ketua KPU Rohul Fahrizal, melalui Komisioner KPU Rohul Bidang Penyelenggaraan Pemilu Elfendri ST. M.eng, Jumat (18/1/2019) mengatakan, pembentukan relawan demokrasi ini, merupakan instruksi dari KPU Pusat, sesuai dengan surat No 37 tertanggal 9 Januari 2019.



BACA JUGA : Banjir di Kecamatan Rambah Rokan Hulu Mulai Surut

"Pembentukan relawan demokrasi ini  bertujuan untuk membantu KPU dalam mensosialisasikan Tahapan Pemilu kepada masyarakat khusunya basis masyakarat yang angka Golputnya tinggi," ujarnya.

Dikatakannya, pembentukan relawan demokrasi, yang dilakukan KPU Rohul ini, cukup disambut antusias masyarakat. Setelah selesainya tahapan seleksi, ada sekitar  114 berkas yang masuk ke KPU Rohul untuk dilakukan seleksi administrasi dan wawancara.

"Dari 114 berkas yang masuk, kita sudah seleksi, dan kemarin dilakukan tes wawancara. Dari 114 calon yang mengajukan berkas 55 orang lolos seleksi dan sudab kita sudah SK-kan 55 menjadi Relawan Demokrasi" katanya.

Setelah di SK-Kan, Lanjut Elfendri, 55 Relawan Demokrasi ini, nantinya akan mulai berkerja mensosialisasikan Tahapan Pemilu ke 11 Basis yang dianggap paling tinggi angka Golputnya hingga 16 April 2019.

Adapun Sebelas basis yang menjadi fokus perhatian dari Relawan Demokrasi tersebut terdiri dari basis Keluarga, Pemilih pemula, Pemilih muda, Perempuan,  Disabilitas,  Marginal, Berkebutuhan khusus, Komunitas. Basis Warganet, Keagamaan.

"kita imbau relawan yang sudah direkrut dapat bekerja secara mandiri dan profesional. Yang terpenting, kita tuntut kreatifitas dari mereka dalam bersosialisasi. masyarakat sekarang ingin hal baru yang bersifat kreatif dan menarik. jadi para relawan kita minta tidak hanya bersosialisasi dengan cara cara yang biasa, tapi bersosialisasilah dengan meetode yang unik " perannya.



BACA JUGA : Dugaan Intimidasi Satpam PT MAN, PWI Rohul: Tak Pantas, Wartawan Bekerja Dilindungi Undang-undang

Elfendri Optimis, dengan sudah terbentuknya Relawan Demokrasi di Kabupaten Rokan hulu ini, diharapkan akan meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 di kabupaten Rokan hulu. Elfendri berharap Partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di kabupaten Rokan hulu, dapat di atas 77 persen yang menjadi target dari KPU RI.(***)

 

R24/phi

 

 

PenulisR24/alfa


Loading...

loading...