riau24

Anggota DPRD Inhil Ini Heran Terjadi Penghapusan BPJS PBI Milik Seorang Warga Miskin

Rabu, 06 Februari 2019 | 15:11 WIB
Surya Lesmana pertanyakan Penghapusan BPJS PBI Milik Seorang Warga Miskin/rgo Surya Lesmana pertanyakan Penghapusan BPJS PBI Milik Seorang Warga Miskin/rgo

RIAU24.COM -  TEMBILAHAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil Komisi IV, Surya Lesmana heran terhadap sistem penghapusan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Kabupaten Indragiri Hilir.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ini menilai penghapusan terhadap kepesertaan tersebut memiliki kejanggalan yang bisa berakibat fatal karena tidak terverifikasi secara validasi, terlebih lagi adanya laporan dari salah satu organisasi yang menemukan masyarakat masih miskin ternyata sudah tidak terdaftar dari BPJS PBI.  



BACA JUGA : Polisi Ringkus Dua Pelaku Perjudian di Tembilahan

"Saya heran, kok bisa dihapus peserta BPJS PBI-nya sementara yang bersangkutan masih miskin. Ini ada yang tidak beres, ada yang menjalankan tidak sesuai dengan pola dan aturan yang ditetapkan," ucapannya, Rabu 6 Februari 2019.

Surya menilai, penghapusan kepesertaan tersebut tidak bisa serta merta dilakukan dengan gampang sekali, karena menurutnya, sewaktu didaftarkan kemarin melalui teken Bupati dan menindaklanjuti jika ada perubahan juga harus teken Bupati.

"Waktu dia didaftarkan diketahui Bupati, jadi pas mau dikeluarkan harus diketahui Bupati. Jika ini tidak segera ditindaklanjuti berbahaya sekali buat masyarakat yang tidak terdaftar sementara status perekonomiannya miskin," jelas Surya.



BACA JUGA : Tim Crime Pressing Mobile Polres Inhil Sita Ratusan Liter Tuak di Kempas Inhil

Kendati demikian, kata Surya, ia dan komisi IV akan terus memantau progres permalasahan ini karena dari awal ia sudah wanti-wanti dinas terkait untuk melakukan upaya agar tidak timbul polemik namun nyatanya tidak juga digubris.

"Saya dari awal sudah menyarankan agar ini dilakukan verifikasi validasi secara sempurna, biarlah fokus disini aja tapi nantinya kita tidak bertengkar lagi di tahun depan. Intinya kami akan kawal karena sudah menjadi tugas kami di DPRD sehingga permasalahan ini kelar," imbuhnya.(***)


R24/phi

PenulisR24/rgo


Loading...

loading...