riau24

Indonesia Berada di Patahan Lempeng dan Cincin Api, Kepala BNPB: Itu Takdir Kita

Jumat, 08 Februari 2019 | 05:19 WIB
Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo

RIAU24.COM - Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo menjelaskan bahwa, Indonesia saat ini berada pada patahan lempeng, dan diatas cincin api yang berpotensi mengalami megathrust, gempa besar dilanjutkan dengan tsunamui.

"Itu takdir yang kita terima dan suka tidak suka, ada 500 gunung merapi dimana 127 gunung berstatus aktif dan saat ini 10 gunung mengalami erupsi," kata Doni ketika melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau, Kamis, 7 Februari 2019.


BACA JUGA : Hujan Lebat Tidak Merata dan Angin Kencang di Riau Malam Ini

Dari pemaparan Doni tersebut, adapun gunung yang mengalami erupsi diantaranya adalah Gunung Sinabung, Gunung Kerinci, Gunung Anak Krakatau, Gunung Berapi, Gunung Agung, Gunung Soputan, Gunung Gamalama, Gunung Ibu, Gunung Dukono dan Gunung  Karangetang.

Kemudian, dia menambahkan bahwa saat ini ada 295 patahan lempeng yang berada di Indonesia. Patahan tersebut mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa dan beberapa bagian Indonesia bagian timur.

Kata Doni, ditahun mendatang dengan kemajuan teknologi dan banyaknya penelitian, besaran patahan tersebut berkemungkinan akan bertambah.

"Dulu ada 85 patahan lempeng. Dan semakin banyaknya penelitian, ditemukan 295 patahan lempeng. Mungkin tahun depan setelah banyak pakar dan semakin tinggi teknologi, patahan lempeng itu bisa jadi akan bertambah," lanjutnya.


BACA JUGA : Kabupaten Bengkalis Masih Tertinggi Sumbang Hotspot di Pulau Sumatera

Selain itu dia juga berpesan, jika nantinya terjasi benxana, sepeeti gempa, tsunami dan kejadian lainnya, tanpa pikir panjang langsung menyelamatkan diri.

"Tinggalkan yang lain, segera selanatkan diri. Seperti tsunami contohnya, itu kecepatan air ke darat mencapai 700 Km/jam. Untuk itu jika ada tanda-tanda, segera selamatkan diri," tuturnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...