riau24

Ingin Doa Dikabulkan, Kerjakan Tujuh Amalan Ini

Jumat, 08 Februari 2019 | 12:31 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Maka tidak heran apabila doa mendapatkan posisi yang sangat penting dalam Islam. Bahkan ada adab yang harus kita jalankan ketika berdoa. Dengan demikian, maka kemungkinan terkabulnya sebuah doa akan semakin besar. 

Tapi tidak semua doa dikabulkan oleh Allah SWT dikarenakan berbagai sebab. Namun ternyata ada beberapa rahasia dikabulkanya sebuah doa yang jarang diketahui oleh kaum muslim. 

1. Berprasangka Baik Pada Allah

Rahasia terkabulnya sebuah doa yang pertama yaitu berprasangka baik kepada Allah SWT. Berdoa sejatinya merupakan aktivitas rohani yang meminta segala sesuatu kepada Allah SWT. Maka dari itu, ketika kita berdoa kepada-Nya jangan pernah berprasangka buruk. Berbaik sangkalah kepada Allah SWT dan jangan ada keraguan terhadap-Nya. 

Allah SWT berfirman: “Aku akan mengikuti persangkaan hambaKu kepadaKu. dan Aku selalu menyertainya apabila ia berdo’a kepadaKu.” (HR. Bukhari dan Muslim) 



BACA JUGA : Tidak Pantang Menyerah, 4 Zodiak Ini Paling Pekerja Keras

2. Makan yang Halal, Jauhi yang Haram

Rahasia kedua dikabulkan sebuah doa seseorang ternyata berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsinya. Ya, apabila kita ingin doa kita terkabul maka hal yang harus dilakukan adalah makan makanan yang halal dan menjauhi segala sesuatu yang haram. Rasulullah SAW bersabda:

“Hai Sa’ad (bin Abu Waqqash), makanlah makanan yang baik-baik, niscaya engkau menjadi orang yang doanya dikabulkan.”

Rasulullah juga mengisahkan seseorang yang rambutnya acak-acakan dan berdebu lalu menengadahkan tangannya ke langit untuk berdoa, “Ya Rabi, ya Rabi.’ Padahal, makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan keluarganya diberi makan dari sumber yang haram. Bagaimana doanya akan dikabulkan?” (HR Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad) 

Rasulullah berkata, “Wahai Sa’ad, perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang terkabul do’anya. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggamanNya. Sesungguhnya seorang hamba melontarkan sesuap makanan yang haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama empat puluh hari. Siapapun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya.” (HR. Ath-Thabrani)

3. Keberadaan Doa Tidak Keluar Dari yang Disyariatkan

Rahasia selanjutnya dari terkabulnya sebuah doa adalah keberadaan doa tersebut tidak keluar dari yang disyariatkan. Pada dasarnya doa yang keluar dari yang disyariatkan itu merupakan sebuah pelanggaran. Terlebih lagi apabila kita berdoa kepada selain Allah maka keberadaan doa tersebut mengandung kesyirikan karena meminta pertolongan kepada selain Allah SWT.

4. Dengan Adab yang Baik

Meminta sesuatu kepada sesama manusia saja harus menggunakan adab yang baik. Apalagi kepada Allah SWT, jelasklah kita harus memperhatikan adabnya. Ketika menghadap Allah kita harus dengan penuh harapan, perasaan rendah hati dan khusu’. Mulainya berdoa dengan memuji Allah dan melantunkan shalawat atas Rasulullah SAW.

Sesungguhnya Allah SWT memuliki malaikat yang mewakili-Nya. Jadi barang siapa yang berdoa dengan berkata: “Yaa arhamarraahimiin. Maka siapa saja yang menyebutnya 3 kali, maka menjawablah malaikat itu: Sesungguhnya Allah arhamarraahimiin telah (berkenan) mengabulkan permohonanmu. Maka mintalah kepadaNya.” (HR. Hakim). 



BACA JUGA : Ustaz Haikal Hassan Disebut ke Pekanbaru, Ini Jadwal dan Lokasinya

5. Mengerti Kunci Waktu dan Tempat Dikabulkannya Doa

Selain waktu yang tepat ternyata doa akan mudah terkabul apabila kita memintanya di tempat yang tepat pula. Misalnya Hijir Ismail, antara Sofa dan Marwah,di belakang Maqam Ibrahim, di Raudah. Ada juga tempat mustajab untuk beroa di antaranya di i Multazam. Dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah bersabda:
“Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satu pun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR. Ahmad dalam Musnad Imam Ahmad Jilid V, hal. 347).

Rasulullah bersabda: “Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” (HR. Muslim).

Raudah adalah sebuah tempat yang merupakan bagian dari Masjid Nabawi. Tempat ini disebut dengan ar Raudhah. Ar Raudhah adalah ruang di antara mimbar dan makam Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

6. Doa Para Pemimpin yang Adil, Anak Yatim dan Orang Teraniaya

Rahasia selanjutnya yaitu doa para pemimpin yang adil, anak yatim, dan orang teraniaya biasanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan doa dari ketiga orang tersebut tidak akan ditolak oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang berpuasa, pemimpin yang adil, dan orang yang teraniaya.” (HR. Tirmidzi) 

7. Ikhlas Dalam Berdoa

Ikhlas dalam berdoa menjadi rahasia selanjutnya doa seseorang dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Seseorang yang hendak berdoa harusnya mengikhlaskan (ditujukan) hanya kepada Allah semata. Ikhlas niatnya karena Allah, mengikhlaskan aqidah (keyakinan) kepada Allah. 

Rasulullah SAW bersabda:
“Doa seorang Muslim untuk saudaranya (sesama muslim) dari tempat yang jauh (tanpa diketahuinya) akan dikabulkan.” (HR. Muslim) 

 

Sumber:  Infoyunik

 

PenulisR24/iko


Loading...

loading...