riau24

Siak IV Diuji Beban, Ini Tahapan yang Dilakukan

Jumat, 08 Februari 2019 | 16:03 WIB
Uji beban jembatan siak IV Uji beban jembatan siak IV

RIAU24.COM - Hari ini, Jumat, 8 Februari 2019, pihak Dinas PUPR Riau bersama instansi terkait melakukan uji beban Jembatan Siak IV. Dan pengujian tersebut ditargetkan selesai pada hari ini juga.

Apalagi, jembatan yang menghubungan Rumbai dengan pusat kota ini akan diresmikan pada tanggal 14 Februari 2019 mendatang.

Manager Proyek Pembangunan Jembatan Siak IV, Hidayatullah menjelaskan uji beban pada tahap pertama yang dilakukan uji dinamis, untuk mengetahui tingkat kelenturan jembatan.


BACA JUGA : Hari Ini, Siak dan Bengkalis Tertinggi Sumbang Hotspot Riau

Dalam uji tersebut, sebuah truk pasir dengan beban kurang lebih 33 ton diberi pengganjal dengan ketingian sekitar 30 cm. Kemudian ban mobil tersebut di atas penyangga dan kemudjan sengaja dijatuhkan, sehingga menghasilkan getaran di jembatan.

"Uji dinamis ini kami lakukan beberapa kali agar bisa mengetahui getaran kemudian ditangkap oleh sensor yang terhubung ke komputer," kata dia.

Dia menambahkan, uji yang dilakukan selanjutnya adalah uji statis. Pada uji tersebut, beberapa truk dengan muatan sebesar 34 ton akan dijejerkan di atas bentang utama jembatan.

"Selanjutnya, ada truk dengan muatan sama berjalan di atas badan jembatan. Uji beban ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan kekuatan jembatan secara menyeluruh," jelasnya.


BACA JUGA : Hotspot Riau Turun, Bengkalis Tetap Paling Banyak Titik Panas

Untuk uji statis ini, pihaknya akan melangsungkannya sore ini. Pihaknya melibatkan 25 truk dengan masing-masing beban 34 ton dan Total beban yang kan diuji yakni seberat 850 ton.

"Proses uji beban ini akan dilangsungkan hingga malam nanti, dan dipastikan bisa selesai hari ini," tutupnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...