riau24

Bisa Jangkau Israel, Iran Luncurkan Rudal Balistik Barunya

Jumat, 08 Februari 2019 | 18:17 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Garda Revolusi Iran meresmikan rudal surface-to-surface (permukaan-ke-permukaan) bernama Dezful. Rudal ini adalah versi peningkatan dari rudal tua yang disebut Zolfaghar yang memiliki jangkauan 700 kilometer, seperti dikutip Anadolu dari Fars, Jumat 8 Februari 2019.



BACA JUGA : Beraksi di Hanoi, Donald Trump dan Kim Jong Un Gadungan Diperiksa Polisi

Berbicara pada upacara itu, Komandan Korps Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari mengatakan pembukaan fasilitas produksi rudal bawah tanah adalah jawaban bagi Barat yang berpikir mereka dapat menghentikan Teheran dari mencapai tujuannya melalui sanksi dan ancaman.

"Menampilkan fasilitas produksi rudal jauh di bawah tanah ini adalah jawaban bagi orang Barat yang berpikir mereka dapat menghentikan kita untuk mencapai tujuan kita melalui sanksi dan ancaman," kata Jafari, dikutip Sindonews mengutip AFP. Jumat 8 Februari 2019.

"Orang Eropa berbicara tentang pembatasan kemampuan pertahanan kita, sementara mereka memiliki keberanian (untuk memungkinkan) kekuatan ofensif mereka digunakan untuk menyerang orang tak berdosa di seluruh dunia,"tambahnya.

Iran telah secara sukarela membatasi jangkauan misilnya hingga 2.000 kilometer, tetapi itu masih cukup untuk menghantam musuh bebuyutannya, Israel, dan pangkalan-pangkalan AS di Timur Tengah.



BACA JUGA : Tragis, Balita Ini Ditinggal Ibunya Pesta Selama Seminggu, Akhirnya Meninggal Kelaparan

Teheran mengekang sebagian besar program nuklirnya di bawah kesepakatan tahun 2015 dengan negara-negara besar, tetapi tetap mengembangkan teknologi rudal balistiknya.

Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian nuklir pada bulan Mei dan menerapkan kembali sanksi terhadap Iran. Program rudal Teheran yang berkembang menjadi salah satu alasan Trump untuk keluar dari perjanjian nuklir Iran.

PenulisR24/iko


Loading...

loading...