riau24

Disebut Alami Kebocoran, Stasiun Antariksa Rusia Dibanjiri Air Toilet

Sabtu, 09 Februari 2019 | 01:11 WIB
Begini penampakan toilet canggih yang khusus digunakan untuk stasiun antariksa. Foto: int Begini penampakan toilet canggih yang khusus digunakan untuk stasiun antariksa. Foto: int

RIAU24.COM -  Stasiun antariksa milik Rusia, International Space Station (ISS), dikabarkan media setempat mengalami kebocoran pada toiletnya. Akibatnya, stasiun antariksa itu sempat dibanjiri air toilet di mana-mana.

Untuk membersihkannya, para kosmonot Rusia terpaksa harus mengumpulkan air tersebut dengan menggunakan handuk. Total air yang memenuhi stasiun antariksa Rusia tersebut dikabarkan mencapai dua galon.



BACA JUGA : Angkatan Laut AS Pesan 4 Kapal Selam Robot Raksasa dari Boeing Seharga USD43

"Rekan-rekan kami di modul Tranquility ISS mengalami insiden pada hari Jumat pekan lalu," kata seorang sumber kepada kantor berita milik pemerintah Rusia, dikutip Geek, Kamis 7 Februari 2019.

“Lebih dari 10 liter (2,6 galon) air bocor sebelum masalahnya bisa diperbaiki. Awak harus membersihkan air menggunakan handuk," tambahnya.



BACA JUGA : 27 Anggota Pasukan Elit Iran Tewas Dibom, Jendral Ini Janji Balas Dendam Kepada Arab Saudi

Dilansir sindonews.com, air merupakan salah satu komponen penting yang harus selalu ada di ISS sebagai penunjang para kosmonot untuk tetap hidup dan bekerja. Para kru juga dituntut menghemat air sebanyak mungkin. Masing-masing hanya diberi jatah sekitar dua liter setiap hari.

Untuk diketahui, kejadian kali ini bukan kali pertama dialami ISS. Pada tahun 2009 lalu, toilet di stasiun itu pernah mengalami kerusakan. Ketika itu, adalah pemisah cairan yang disebutkan mengalami banjir seperti dilaporkan laman Space.

Toilet ini bukan didesain untuk dapat mendaur ulang urin menjadi air minum. Toilet canggih buatan Amerika Serikat ini pertama kali dikirm ke ISS pada November 2008 lalu. ***

 

PenulisR24/wan


Loading...

loading...