riau24

Cara Berikut ini Ampun Lunaskan Hutang Riba, Nomor 7 Jadi Alternatif Terakhir

Sabtu, 09 Februari 2019 | 12:28 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Setiap orang tentu tidak asing lagi dengan istilah utang. Dan di dalam Islam sendiri, utang boleh dilakukan jika seseorang berada dalam situasi yang mendesak.

Tapi, dalam suatu keadaan ketika beruutang ada hal yang tidak diperbolehkan, salah satunya adalah berutang dengan mencampurkan unsur riba di dalamnnya.

Riba merupakan adanya penambahan yang dibebankan kepada orang yang meminjam harta seseorang akibat dari pengunduran janji pembayaran daripada batas waktu yang telah ditetapkan.


BACA JUGA : Pernah Rasakan Hal Ini Terlalu Lama Main Gadget, Waspadai Penyakit ini

Untuk bisa melepas utang riba itu, ada 7 cara agar bisa melunasinya sesuai dengan ajaran Islam.

1  Berusaha Untuk Hidup Sederhana
Bagi sebagian orang tentu ingin memiliki kehidupan yang mewah. Bahkan untuk meraih itu akan membuat seseorang untuk melakukan transaksi hutang besar-besaran dan akhirnya terbelit riba.

Ada baiknya, menjalani hidup sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan yang dimiliki. Untuk apa hidup mewah jika harus menanggung banyak hutang.

2. Segera Melunasi utang yang Ada
Jika seseorang yang memiliki utang, wajib baginya untuk segera melunasinya. Tak peduli seberapa besar hutang yang dimiliki, maka anda harus tetap berusaha untuk melunasinya. Insya Allah akan ada jalan untukmu. 

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut ini: “Jika seorang muslim memiliki utang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi utang tersebut, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi utang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686.)

3. Melepas Hasil Riba
Cara melunasi utang riba dalam islam salah satunya adalah dengan melepas hasil riba. Dengan melepas semua harta benda yang berkaitan dengan hasil riba, hal ini bisa jadi dapat membantu untuk melunasi hutang riba yang anda miliki.

4.Berusaha untuk Lebih Mendekatkan diri kepada Allah SWT 
Cara selanjutnya untuk melepas utang riba adalah dengan perbanyak dzikir agar bisa lebih dekat kepada Allah SWT dan minta agar bisa dijauhkan serta terlepas dari perbuatan dosa seperti riba.

5. Perbanyak Istigfar 
Selain mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak istigfar untuk memohon ampun kepada Allah swt dan meminta agar tidak terjerumus Iagi ke dalam perbuatan maksiat, salah satu hal yang bisa membantu untuk terlepas dari riba.


BACA JUGA : Tidak Pantang Menyerah, 4 Zodiak Ini Paling Pekerja Keras

6. Bertaubat kepada Allah SWT
Bagi mereka yang sudah terlanjur memakan uang riba atau memiliki hutang riba, maka sangat dianjurkan kepadanya untuk segera bertaubat kepada Allah SWT. Memohon ampun atas segala dosa-dosa yang ia lakukan serta menyesali perbuatannya. Sesungguhnya Allah SWT maha pengampun atas segala dosa bagi setiap hamba yang ingin bertaubat.

7. Meminjam Uang Kepada Orang Lain
Cara terakhir ini bisa jadi merupakan pilihan terakhir yang bisa anda lakukan untuk melunasi hutang riba, yakni dengan meminjam uang dari orang lain. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hukum berhutang dalam islam itu jaiz jika memang berada dalam kondisi mendesak. 

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...