riau24

Hanya Ada di Indonesia, 5 Bakso Ini Ada Berkuah Comberan Sampai Berisi Durian

Sabtu, 09 Februari 2019 | 15:16 WIB
Bakso Lava (sumber: detik.com) Bakso Lava (sumber: detik.com)

RIAU24.COM - Bakso merupakan makanan yang banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Bahkan, bakso sekarang ini sudah banyak diolah sedemikian rupa dan membuat menjadi unik.

Saking uniknya, bakso-bakso berikut ini cuma ada di Indonesia lho. Ada yang isinya daging durian hingga bakso berkuah hitam bak comberan.

Dilansir dari detik.com, Sabtu, 9 Februari 2019, berikut 5 jenis bakso unik yang hanya ada di Indonesia.


BACA JUGA : Pernah Rasakan Hal Ini Terlalu Lama Main Gadget, Waspadai Penyakit ini

1. Bakso isi durian
Jika biasanya bakso itu hanya berupa olahan daging, tapi yang satu ini baksonya isi durian. Bakso unik ini bisa dijumpai di Jalan raya Dusun Mojoanyar, Desa Mojotengah, Jombang.

Dikarenakan kecintaan sang pemilik terhadap durian, Marta membuat hidangan bakso dengan isian durian. Sekilas, bakso ini disajikan layaknya bakso pada umumnya. Akan tetapi isinya diberi daging durian yang sudah ditumis.

Meskipun aneh, bakso ala Marta ini ternyata penggemarnya banyak juga. Untuk mencicip semangkuk bakso durian cukup mwmbayar Rp 10 ribu saja. Selain bakso, Anda juga bisa menikmati beragam sajian durian. Misalnya bakso durian siram, kolak durian hingga durian bakar.

2. Bakso penyet
Jika biasanya kita menemukan ayam penyet, kali ini ada yang namanya bakso penyet. Bakso penyet ini dibuat dengan paduan sambal pedas. Adonan daging sapi yang dibentuk bulat seperti bakso ini, bisa saja disajikan dengan sambal sambil agak dipenyet.

Rasanya yang pedas ini seimbang dengan kuah bening baksonya yang nikmat. Tekstur dagingnya yang kenyal dan paduan sambal rawit pedas, menambah nikmatnya bakso ini.

Salah satu bakso penyet enak yang bisa dicicip di Jakarta adalah di Jalan Pangkalan Jati I No. 15, Cinere, Gandul.

3. Bakso rawon
Kuah bakso pada umumnya berwarna bening, bakso yang satu ini dipadukan dengan kuah rawon. Bakso ini berasal dari Sidoarjo Jawa Timur. Tapi jangan salah, kuah rawon jadi salah satu favorit pelanggan.

Kuah rawon berwarna cokelat kehitaman disajikan kental dengan paduan bumbu nikmat. Kuahnya hangat dengan paduan kaldu enak. Semakin cocok jika dinikmati dengan nasi atau bihun.

Bakso dengan variasi rasa rawon ini ada di Bakso Boedjangan yang terletak di Jalan Ponti, sebelah barat Gor Delta Sidoarjo.


BACA JUGA : Tidak Pantang Menyerah, 4 Zodiak Ini Paling Pekerja Keras

4. Bakso comberan
Bagi sebagian orang bakso ini tentu aneh didengar, yak bakso ini bernama bakso comberan. Bakso ini bisa Anda temui di kawasan Depok. Bakso Comberan Pak Bewok ini lokasinya ada di Jalan Walet, Beji, Depok.

Disebut bakso comberan atau bakso sampah, dikarenakan kuahnya berwarna hitam pekat dengan paduan tulang ayam dengan sedikit daging.

Walau demikian, Pak Bewok ini ternyata memiliki pelanggan yang banyak. Warung baksonya juga sudah berdiri sejak tahun 1995. Selain tulang ayam, bakso ini juga dipadu dengan kerongkongan ayam, ceker hingga sayap. 

5. Bakso lava
Bakso yang satu ini berukuran jombo yang disajikan di atas hotplate isiannya sangat mengejutkan. Inovasi Bakso Rusuk Joss yang ada di Jakarta ini dilengkapi dengan saus barbeque. 

Bakso ukuran besar dengan berat satu kilo ini diisi dengan beberapa buah bakso ukuran kecil dengan paduan sambal yang pedas.

Gimana Mau coba? Bakso-bakso itupun bisa menjadi alternatif yang ingin mencoba bakso dengan tampilan berbeda. Selamat berburu kuliner!

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...