riau24

Silaturahmi ke Mbah Moen, Ustaz Abdul Somad Merasa Bersyukur

Sabtu, 09 Februari 2019 | 16:35 WIB
Ustaz Abdul Somad mendengarkan nasehat dari Mbah Moen. Foto: int Ustaz Abdul Somad mendengarkan nasehat dari Mbah Moen. Foto: int

RIAU24.COM -  Ustaz Abdul Somad mendatangi Pondok Pesantren al-Manar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Sabtu 9 FEbruari 2019. Dalam kesempatan itu, mubalig kebanggaan masyarakat Riau itu bertemu dan bersilaturahmi langsung dengan KH Maimoen Zubair (Mbah Moen), yang merupakan pengasuh pondok tersebut.

Selain untuk bersilaturahmi, kedatangan UAS ke pesantren itu juga karena ingin mendapatkan nasihat dan doa dari ulama sepuh tersebut.

“Namun, takdir berkata lain. Dari Pati (Jawa Tengah) pukul 06.00 WIB subuh, selanjutnya kami mesti sampai di kediaman Gus Yasin, Wakil Gubernur Jawa Tengah, pada pukul 08.00 WIB. Sementara, Mbah Moen sendiri dari info yang saya dapat akan ke Jakarta,” ungkap UAS, dilansir republika.co.id.



BACA JUGA : Diduga Lakukan SARA, Romy Bandingkan Agama Jokowi Dengan Prabowo

Namun niat hari yang tulus, harapan UAS akhirnya terwujud. Bermula dari perbincangannya dengan KH DR Fadholan dan KH DR Afifuddin, keduanya berhasil mempertemukan Ustaz Abdul Somad dengan Mbah Moen.

“Alhamdulillah,” ujar UAS menanggapi pertemuan itu.

Dalam foto-foto yang menggambarkan pertemuan itu, UAS tampak mencium tangan KH Maimoen Zubair dengan penuh hormat. Mbah Moen pun menerimanya dengan hangat. Pertemuan singkat itu ditutup dengan doa bersama.



BACA JUGA : Baru Saja Hirup Udara Bebas, Adik Abu Bakar Ba'asyir Wafat

Menurut UAS, dirinya mendapatkan banyak nasehat dari Mbah Moen. “Nasihat tentang cara membaca hikmah di balik takdir. Ketetapan Allah itu indah. Kami juga belajar ilmu tawadhu'. (Mbah Moen sempat mengatakan) ‘Saya ini bukan kiai, saya ini awam.’ Masya Allah,” ujarnya lagi.

KH Maimoen Zubair lahir di Rembang, Jawa Tengah, 90 tahun silam. Ulama kharismatik itu dikenal luas kiprahnya di berbagai bidang, mulai dari politik hingga dakwah. Ayahnya bernama KH Zubair Dahlan, seorang alim yang juga murid dari ulama besar Makkah yakni Syekh Saíd al-Yamani dan Syekh Hasan al-Yamani al-Makki.

Sebelumnya, calon presiden petahana Jokowi juga melakukan kunjungan ke pondok tersebut. Dalam doa bersama di penghujung kegiatan, Mbah Moen sempat mendoakan Prabowo menjadi presiden Indonesia. Hal ini yang kemudian sempat mendapat banyak sorotan dari berbagai kalangan. ***

PenulisR24/wan


Loading...

loading...