riau24

Suzuki Ignis Disuntik Mati, Ternyata Ini Alasannya

Sabtu, 09 Februari 2019 | 19:27 WIB
SuzukiIgnis/int SuzukiIgnis/int

RIAU24.COM -  Suzuki Ignis diklaim menjadi model yang banyak digemari konsumen di pasar otomotif Indonesia. Tapi negara ini Suzuki justru akan menghentikan penjualan Ignis sebagai konsekuensi pasar yang lemah.

Kabar itu disampaikan langsung Maruti Suzuki India Limited (MSIL), produksi crossover yang mungil dan sempit bagi konsumen di India disebutkan justru tidak mendukung bagi masyarakat di India.

Suzuki Ignis di pasar India merupakan kendaraan kelas premium, konsumen yang membeli Ignis merupakan kalangan menengah ke atas. Hal ini juga yang diperkirakan membuat pertumbuhan penjualan Ignis tak meningkat.



BACA JUGA : Hyundai Akan Rilis Crossover Terbaru untuk Melawan Kelas Sejenisnya

Suzuki Maruti saat ini tengah menghabiskan sisa stok kendaraan Ignis di pasar automotif India. Beberapa diler bahkan memberikan diskon cukup besar mencapai 1 lakh.

Langkah menghentikan penjualan Suzuki Ignis diperkirakan akan berimbas pada penjualan generasi terbaru Wagon R yang beberapa waktu lalu sudah terungkap desain eksterior dan interiornya.

Dilansir dari Rushlane, Sabtu (9/2/2019), selama 2 tahun dipasarkan, Suzuki Ignis di pasar automotif India tak menunjukkan penjualan yang cukup baik. Setiap bulannya tercatat Ignis hanya mampu terjual sebanyak 2.500 unit.

Memang belum ada pengumuman resmi dari Suzuki, tapi dealer premium Nexa, yang menjual deretan mobil Suzuki termasuk Ignis, sudah memprediksi hal tersebut.

Dan ternyata Ignis punya model terbaru. Jelas saja, model sebelumnya udah enggak diproduksi lagi. Dan itulah alasan mendasar yang dilakukannya penghentian produksi tersebut lantaran MSIL sudah meluncurkan Ignis generasi terbaru.

Dari informasinya, pada bagian eksterior akan ada bumper dengan desain baru, headlamp LED projector dan velg alloy baru. Sementara pada interior akan disematkan SmartPlay Infotainment System, yang sama dengan Wagon R 2019 dan Baleno, serta komponen-komponen yang lebih berkualitas.



BACA JUGA : All New Mitsubishi Delica Tampil Lebih Mirip dengan Unit Mitsubishi Lainnya

Sementara mekanikalnya tak ada yang berubah. Mesin bensin 1.2L K12 masih akan menjadi sumber tenaga Ignis. Mesinitu menghasilkan daya 83 Tk dan torsi 113 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan.

Sebenarnya ada pilihan mesin diesel untuk Ignis. Sayangnya mesin 1.3L DDiS 190 bertenaga 74 Tk dan torsi 190 Nm itu tak lagi dipakai karena permintaan pasar yang rendah.(***)


R24/phi

 

PenulisR24/nof


Loading...

loading...