riau24

3 Hal dari Pakar ini Dapat Tingkat Peluang Kehamilan, Apa Saja?

Minggu, 10 Februari 2019 | 07:03 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Untuk memperbesar peluang kehamilan, ada beberapa macam metode yang dilakukan saat bercinta, mulai dari mengangkat kedua kaki selepas berhubungan, bercinta di pagi hari atau bercinta setiap pagi.

Tapi, hal itu tidak dibenarkan oleh pakar sepenuhnya. Menurut para pakar, besar tidaknya peluang kehamilan bisa ditentukan oleh banyak hal. Akan tetapi, sebagian besar memang di luar kendali mereka.

Dilansir dari detik.com, Sabtu, 9 Februari 2019, ada beberapa trik unik yang dilontarkan beberapa pakar tentang hal ini. Berikut ini ulasannya.


BACA JUGA : Ternyata Ini Malaikat Pembawa Hajar Aswad dari Surga Ke Bumi

1. Tanpa tekanan
Dr Sheryl Kingsberg, psikolog dan pakar reproduksi dari University Hospitals in Ohio mengatakan bahwa masalahnya adalah tekanan untuk segera mendapatkan anak.

"Jadinya seks yang terjadi tidaklah 'seksi'. Untuk itu pastikan Anda hanya fokus pada kesenangannya, bukan tekanannya, di saat bercinta," kata dia.

Hubungan antara stres dan tingkat kesuburan pasangab sesungguhnya tidak pernah benar-benar terbukti. Tapi, stres dapat mempengaruhi hormon wanita yang pada akhirnya nanti mengganggu proses ovulasi, yaitu ketika wanita menyiapkan sel-sel telurnya di dalam rahim untuk dibuahi.

Di sisi lain, penelitian juga menyebut bahwa stres dapat menurunkan kualitas sperma pria, termasuk membuatnya lebih lamban dan lemah saat 'berenang' menuju sel telur.

2. Dua kali dalam sejam
Sebuah studi pada tahun 2015 lalu menemukan bahwa pria bisa ejakulasi sebanyak dua kali dalam kurun satu jam. Hal ini dapat meningkatkan peluang kehamilan pada pasangannya mencapai tiga kali lipat.

Menurut peneliti, sperma yang dihasilkan pada ejakulasi kedua memiliki kualitas terbaik untuk membuahi pasangan.

Dr Zaher Merhi, direktur riset dan pengembangan teknologi IVF di New Hope Fertility Center mengatakan, pertama, ini soal timing sebab sperma tidak bisa bertahan lama.

"Jika pria bercinta dalam dua hari terakhir, jumlah spermanya akan menurun tapi kalau menunggu sampai seminggu, banyak sudah sperma yang mati," ujar Zaher.

Dia menegaskan, bukan hanya jumlahnya yang penting, tetapi harus dipastikan bahwa sperma yang sehat adalah yang 'berenang' dengan gesit. "Sebagian sperma tersimpan di dalam vas deferens, nampaknya ada hal-hal yang mempengaruhi DNA-nya disana," jelasnya.

DNA sperma yang sempat tersimpan dalam vas deferens, lebih rusak daripada yang langsung dikeluarkan saat ejakulasi kedua. Hal tersebut bisa menjelaskan kenapa peluang kehamilan pada ejakulasi kedua menjadi lebih tinggi.


BACA JUGA : 17 Februari: Tanggal Lahir Sama, Selamat Ulang Tahun Papa dan Mama Rafatar!

3. Bercumbu
Kolega Dr Kingsberg bernama Dr Brooke Rossi, ahli endokrinologi di rumah sakit yang sama menjelaskan, bercumbu usai bercinta bisa saja meningkatkan peluang kehamilan.

"Saat berada di dalam vagina, organ ini bisa menghangatkan sperma dan ini semacam meningkatkan kualitas sel tersebut, termasuk membuatnya 'berenang' lebih baik," jelasnya.

Dr Rossi menambahkan, ini tidak akan terjadi jika wanita langsung berdiri setelah bercinta.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...