riau24

10 Februari: Pasukan Mongol Porak-poranda Baghdad, Kekhalifahan Abbasyiah Runtuh

Minggu, 10 Februari 2019 | 09:34 WIB
Kekaisaran Mongol serbu Kota Baghdad (foto/ilustrasi) Kekaisaran Mongol serbu Kota Baghdad (foto/ilustrasi)

RIAU24.COM -  Minggu 10 Februari 2019, Kejayaan kekhalifahan atau dinasti Islam mengalami pasang surut. Meski begitu kebangkitan Islam telah mempengaruhi banyak belahan dunia, termasuk Eropa, Asia hingga Afrika. 



BACA JUGA : Ternyata Ini Malaikat Pembawa Hajar Aswad dari Surga Ke Bumi

Namun sejarah mencatat Kekhalifahan Islam di bawah kekuasaan Dinasti Abbasyiah pernah takluk dari pasukan Mongol 10 Februari 1258. Salah satu faktor penyebab kekalahan, akibat dari kemunduran Dinasti Abbasyiah yang kala itu dipimpin Khalifah ke-37 Bani Abbas, Al-Musta’sim. 



BACA JUGA : 17 Februari: Tanggal Lahir Sama, Selamat Ulang Tahun Papa dan Mama Rafatar!

Bangsa Mongol dikenal sebagai penakluk. Banyak wilayah telah takluk, termasuk dataran China atau Tiongkok. 

Didirikan oleh Kekaisaran Genghis Khan pada tahun 1206. Dan pada usia kekaisaran Mongol selama 52 tahun, sudah menaklukkan banyak wilayah termasuk Baghdad, Ibukota Dinasti Abbasyiah atau Irak modern kini. 

Sejarah mencatat penyerbuan pasukan Mongol yang dikomendoi Hulagu Khan, menelan banyak korban di kubu Dinasti Abbasyiah dan warga sipil Bagdad. Kota terbakar habis dan perpustakaan-perpustakaan di Baghdad, termasuk Bait al-Hikmah dihansurkan. Semua karya-karya buku penting dimusnahkan dan dibuang. 

Dengan takluknya Dinasti Abbasyiah, kejayaan Islam kemudian perlahan-lahan memudar. Dan kekhalifahan Islam dihancurkan oleh Kekaisaran Mongol waktu itu. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...