riau24

Hati-Hati Bahaya Bau Mulut Saat Bangun Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 10 Februari 2019 | 21:29 WIB
Foto ilustrasi Foto ilustrasi

RIAU24.COM - Bau mulut kerap membuat rasa pede hilang, apalagi ketika sedang berbicara dengan seseorang.

Saat bangun tidur misalnya, bau mulut atau nafas terasa sangat tidak enak. Kenapa bisa terjadi demikian?? Kali ini kita mencoba membahas masalah yang dikenal dengan bau naga saat bangun tidur.

Seorang seorang prostodontis yang tinggal di Manhattan, New York, bernama Mazen Natour, D.M.D., menyebutkan 

Produksi Air Liur Berkurang sebagian besar napas bau saat pagi hari terjadi karena produksi air Iiur saat tidur berkurang.



BACA JUGA : Ternyata Ini Malaikat Pembawa Hajar Aswad dari Surga Ke Bumi

Dijelaskannya, Air Iiur berfungsi membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Ketika produksi air Iiur bekurang, maka bakteri penyebab bau mulut cepat berlipat ganda. 

"Jadi, semakin kering mulut, makin tinggi kesempatan memiliki bau mulut di pagi hari." Sebutnya dilansir dari laman healthy.

Menurutnya saat tidur bernafas melalui mulut, tidur mendengkur dan menggunakan obat tertentu juga dapat menyebabkan kekeringan sehingga membuat napas pagi menjadi Iebih buruk. 

Dari beberapa penelitian beberapa kasus, bau mulut tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada kondisi tertentu di mana bau mulut yang luar biasa bisa mengindikasikan masalah kesehatan. 

Seperti adanya pertanda penyakit infeksi pada gusi, bahkan juga terkait dengan penyakit jantung dan stroke. 

"Bau mulut yang memburuk mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD," kata Natour. 

Untuk menghindari bau mulut berlebihan ada beberapa cara yang harus dilakukan, pertama, pastikan menyikat dan membersihkannya dengan benar sebelum tidur, karena sisa makanan memberikan Iebih banyak makanan untuk bakteri berkembang biak di mulut dalam semalam. 

"Sikatlah gigi dua sampai tiga menit, dan sikat Iidah. Lebih dari setengah bakteri penyebab bau mulut tumbuh di Iidah," katanya. 

Lalu yang kedua, setelah melakukan hal diatas lanjutkan dengan membersihkan gigi dengan menggunakan obat kumur bebas alkohol. 



BACA JUGA : 17 Februari: Tanggal Lahir Sama, Selamat Ulang Tahun Papa dan Mama Rafatar!

Hal itu dilakukan untuk  memastikan bebas dari masalah gusi, abses, gigi berlubang, dan penyebab Iainnya untuk bau mulut.

Jika terjadi bau mulut yang lebih dari biasanya, segeralah konsultasikan dengan dokter spesialis.

PenulisR24/amri


Loading...

loading...