riau24

Pernah Eksis di Dunia, Kini Negara Ini Bubar Juga Ada yang Terpecah

Minggu, 10 Februari 2019 | 22:27 WIB
Negara Tibet dan Uni Soviet sudah tidak ada lagi (foto/int) Negara Tibet dan Uni Soviet sudah tidak ada lagi (foto/int)

RIAU24.COM -  Minggu 10 Februari 2019, Ada ratusan negara baik besar hingga kecil di seluruh dunia. Namun siapa sangka sudah banyak negara yang bubar hingga terbelah. 

Berikut ini beberapa negara yang bubar hingga terbelah menjadi dua negara. Dan juga negara yang bergabung dengan negara lainnya, seperti yang dilansir dari Detik. 



BACA JUGA : Tidak Pantang Menyerah, 4 Zodiak Ini Paling Pekerja Keras

Pertama yaitu negara Tibet sebelum dianeksasi Tiongkok. Tibet dulunya negara yang punya kedaulatan sendiri. Tibet memproklamirkan kemerdekaan sejak 1913 atau 36 tahun sebelum Republik Rakyat Cina (RRC) menjadi negara. 



BACA JUGA : Ustaz Haikal Hassan Disebut ke Pekanbaru, Ini Jadwal dan Lokasinya


Namun ketegangan terjadi pada 1950-an, dimana China invasi Tibet, dan menjadikan negara Dalai Lama itu sebagai salah provinsi. Alasannya Tibet merupakan jajahan Kekaisaran Mongol, sementara China telah berhasil mengalahkan pasukan Mongol tersebut. 

Kedua ada Republik Arab Bersatu atai Republik Uni Arab. Negara ini terdiri dari Mesir dan Suriah, yang dipimpin oleh Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser. Negara ini dibentuk sebagai respon atas Israel yang terus menambah luas wilayahnya. 

Negara ini terbentuk pada 1958. Namun dikarenakan kematian Gamal Abdul Nasser pada 1971, sehingga peraatuan dua negara ini ikut bubar.

Ketiga ada Cekoslovakia (atau Cekoslowakia) berdiri sejak tahum 1918 dan sempat diduduki oleh Jerman pada 1939. Cekoslovakia termasuk salah satu negara satelit Uni Soviet hingga 1991.

Namun setelah bubarnya Uni Soviet, Cekoslovakia juga pecah menjadi dua negara berbeda, yaitu Slovakia dan Republik Ceko. 

Keempat yaitu Negara Adi Daya Uni Soviet. Negara Uni Soviet terbentuk setelah revolusi komunis tahun 1917 yang dipimpin oleh Vladimir Lenin. Uni Soviet punya wilayah yang amat luas dan terdiri dari beberapa negara satelit. Bahkan terjadi peranng dingin Uni Soviet dengan Amerika Serikat (AS) dan berlangsung cukup lama. 

Namun akibat gerakan pro demokrasi juga konflik dimana-mana, membuat Uni Soviet di bawah kepemimpinan Mikhail Gorbachev pada tahun 1991 bubar. Dan negara-negara satelitnya berdiri sendiri dan berdaulat. 

Kelima ada negara bernama Vietnam Selatan. Vietnam Selatan terbentuk pada 1954 setelah muncul, komunis yang berkuasa di Vietnam bagian utara. Vietnam Selatan atau disebut Republik Vietnam menganut paham antikomunis. Setelah melewati perang saudara akhirnya pemerintah Vietnam Selatan pada 30 April 1975 jatuh. Dan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan secara resmi bersatu pada 2 Juli 1976 menjadi sebuah negara bernama Republik Sosialis Vietnam.

Terakhir ada Jerman Timur yang awalnya dikuasai oleh Uni Soviet. Jerman Timut dibatasi oleh tembok Berlin dengan Jerman Barat. Namun setelah runtuhnya Uni Soviet dan gerakan merubuhkan tembok Berlin pada 1990 terjadi, Jerman Timur pun bubar dan kembali bersatu menjadi negara Jerman. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...