riau24

Tiga Golongan Orang ini Terhalang Masuk Surga, Salah Satunya Harus Jadi Perhatian Suami

Senin, 11 Februari 2019 | 10:22 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Setiap perbuatan yang dilakukan di dunia ini pasti akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. Tergantung apa yang seseorang kerjakan nantinya akan membuat dia masuk ke neraka atau pun surga.

Dilansir dari liputan6.com, dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasullullah SAW pernah besabda tentang golongan manusia yang diharamkan masuk surga dan tidak akan pernah bisa mendapatkan surga.

Tiga golongan ini yakni mereka yang melakukan hal-hal yang sangat dibenci dan dilaknat serta diharamkan oleh Allah. Berikut ini golongannya.



BACA JUGA : Seperti Ini Debat Capres Cawapres yang Ideal dalam Pandangan Islam

Anak Durhaka

Seorang anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, baik itu menyakiti hati orang tuanya dan membuat ridha orang tua terluka, maka surga bukan buatnya. Anak yang telah durhaka kepada orang tuanya, diharamkan masuk surga. Sebab surga ada di atas keridhaan orang tua. 

Dalam Al Quran Allah berfirman: "Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada orang tua perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS, Al Isra, 23) 

Pecandu Minuman Keras

Golongan selanjutnya yang tak akan mencium surga adalah seorang pecandu minuman keras (miras). Apalagi miras merupakan minuman yang haram dikonsumsi karena dapat merusak tubuh, akal dan pikiran. 

Nabi Muhamma SAW bersabda: "Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya". (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah). 

zx2

Dayyuts atau Orang yang Membiarkan Keluarganya

Terakhir adalah Dayyuts. Dayyuts ini merupakan minimnya perasaan cemburu seorang suami terhadap anak dan istrinya. Hal ini merupakan perasaan di mana suami tidak peduli dan tidak membawa istri juga anak-anaknya ke jalan yang benar saat keduanya melakukan dosa.

Padahal, tugas seorang suami adalah menuntun, membimbing dan bertanggung jawab kepada keluarganya agar selalu ke jalan yang benar. Jalan yang tentunya diridhai Allah SWT dan di jalan menuju surgaNya. 

"Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya". (HR Ahmad).

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...