riau24

13 Februari: Perang Restorasi Portugal ke Spanyol, Uni Soviet Lawan Nazi di Budapest Berakhir

Rabu, 13 Februari 2019 | 09:23 WIB
Perang restorasi Portugis dan pengepungan Budapest oleh Uni Soviet (foto/int) Perang restorasi Portugis dan pengepungan Budapest oleh Uni Soviet (foto/int)

RIAU24.COM -  Rabu 13 Februari 2019, Perang di dunia seakan tidak pernah berakhir. Perang Dunia I juga Perang Dunia II yang berlalu telah banyak mengubah tatanan dunia Internasional. 



BACA JUGA : Ternyata Ini Malaikat Pembawa Hajar Aswad dari Surga Ke Bumi

13 Februari juga banyak terjadi berbagai peristiwa besar. Seperti yang dilansir dari wikipedia 13 Februari 1668 akhirnya Spanyol mengakui kedaulatan dinasti Portugal yang dipimpin John IV, menandakan berakhirnya Perang Restorasi Portugis. 

Revolusi Portugis terhadap Spanyol sudah dimulai tahun 1640. Dibantu oleh Inggris akhirnya perang Portugal dengan Spanyol berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Lisboa tahun 1668. 



BACA JUGA : 17 Februari: Tanggal Lahir Sama, Selamat Ulang Tahun Papa dan Mama Rafatar!

Perjanjian damai Lisboa antara Portugal dengan Spanyol berisi bahwa Spanyol mengakui kedaulatan dinasti penguasa baru Portugal, House of Braganza. 

Kemudian 13 Februari 1945, Tentara Uni Soviet masih mengepung Hongaria Budapest dari pasukan Nazi Jerman sejak 29 Desember 1944. 

Pengepungan dan serangkaian serangan dari Tentara Merah Uni Soviet dan Rumania berakhir. Setelah Budapest menyerah pada tanggal 13 Februari 1945 menjelang berakhirnya Perang Dunia II. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...