riau24

Soal Meranti Ingin Embarkasi Haji Di Batam, Sunaryo: Nanti Kita Bicarakan

Rabu, 13 Februari 2019 | 19:20 WIB
Sunaryo Sunaryo

RIAU24.COM - Wakil ketua DPRD Riau Sunaryo belum bisa mengambil keputusan terkait Kabupaten Meranti yang menginginkan Batam sebagai embarkasi haji ketimbang embarkasi Antara Riau karena lebih dekat. 

"Nanti kita bicarakan yang jelas kita sudah megusahakan embarkasi satu di Riau, " katanya di DPRD Riau. Rabu 13 Februari 2019.

Terkait soal permohonon Pemkab Meranti ke pusat untuk Batam menjadi embarkasi haji, Sunaryo mengatakan bahwa surat itu masih dalam bentuk permohonan. 

"Tapi kita berharap jika sudah ada embarkasi Antara Riau hendaknya Meranti mengikuti pemerintah Riau. Dan kita juga takutkan jika dikabulkan tentu daerah lain juga mengikuti ini kan kacau, " ujarnya. 

Diakuinya Meranti memang sangat dekat dengan Batam ketimbang ke Embarkasi Haji Antara yang berlokasi di Pekanbaru Riau. Tapi kendatipun demikian yang saat ini perlu dipastikan yaitu kepastian embarkasi Antara Riau saat ini. 

"Jadi intinya soal ini nanti kita bicarakan bagaiamana keputusanya," jelasnya. 

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti meminta dispensasi agar jemaah hajinya tetap berangkat melalu embarkasi haji Batam.



BACA JUGA : Hotspot Riau Turun, Bengkalis Tetap Paling Banyak Titik Panas

Adapun pertimbangannya selain biaya, juga karena alasan geografis lantaran lebih dekat ke Batam. Pemkab Meranti sendiri sendiri sudah berkirim surat ke Kementerian Agama (Kemenag) RI agar dispensasi tersebut bisa disetujui.

Surat yang ditandatangi oleh Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir itu, dibuat pada 6 Februari 2019 lalu dan sudah dikirim ke Kemenag RI. Dari dokumen surat yang beredar isinya meminta kepada Kemenag agar tetap memberikan izin khusus kepada Pemkab Meranti untuk memberangkatkan Calon Jemaah Haji (CJH) asal kabupaten itu melalui embarkasi Batam.

PenulisR24/iko


Loading...

loading...