riau24

5 Hal ini Jadi Manfaat Mengejutkan Ketika Berciuman, Nomor 3 Dinilai Gokil

Kamis, 14 Februari 2019 | 05:47 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Bagi sebagian orang, berciuman merupakan hal yang menyenangkan dan biasa dilakukan atas dasar cinta, bukan hanya nafsu belaka.

Dibalik sisi negatif dari berciuman, hal tersebut juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Dilansir dari laman viva.co.id, berikut ini lima manfaat berciuman.


BACA JUGA : Ternyata Ini Malaikat Pembawa Hajar Aswad dari Surga Ke Bumi

1. Meningkatkan imunitas
Dari hasil studi yang dipublikasikan dj jurnal Medical Hypotheses menyatakan bahwa ciuman dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh wanita dari Cytomegalovirus.

Virus itu pada umumnya dapat menular melalui kontak mulut ke mulut, yang bisa menyebabkan kebutaan pada bayi dan cacat lahir lainnya, jika si ibu membawanya selama kehamilan.

Namun, hal itu tidak membahayakan bagi orang dewasa, dan berciuman merupakan cara untuk mencegah virus masuk dan juga menguatkan sistem kekebalan tubuh

2. Membantu memilih pasangan yang tepat
Helen Fisher, seorang antropolog mengatakan bahwa ciuman merupakan alat pengukur kualitas pasangan. Hal ini berkaitan dengan berbagai saraf di mulut dan sekitar area tersebut, yang diklaim mampu mengenali apakah si dia yang sedang Anda cium adalah orang yang tepat bagi Anda

"Saat mencium seseorang, kita bisa benar-benar mendengarnya dan melihat, serta merasakannya. Jadi, ciuman bukan hanya ciuman. Ini adalah sesuatu yang mendalam tentang siapa kita sebenarnya, apa yang kita inginkan dan apa yang bisa diberikan," kata dia.

Peneliti lainnya menyebutkan bahwa ciuman adalah cara biologis manusia dalam menentukan secara alamiah siapa yang sesuai untuknya secara genetik.

“Ketika berciuman, ada mekanisme ikatan kuat yang menilai kesehatan, status reproduktif dan kesesuaian genetik. Karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama bisa membuat hubungan asmara dimulai atau justru berakhir,” ujar Gordon G.Gallup Jr, seorang profesor psikologi evolusioner di State University New York, Amerika Serikat.


BACA JUGA : 17 Februari: Tanggal Lahir Sama, Selamat Ulang Tahun Papa dan Mama Rafatar!

3. Membakar kalori
Sejumlah studi menyatakan jika berciuman dapat membantu membakar sekitar dua hingga enam kalori per menit. Tetapi, berciuman selama satu jam bisa membakar setengah dari konsumsi satu kepal permen cokelat.

4. Menjaga otot wajah
Dari berciuman para peneliti mengatakan bahwa orang menggunakan 30 otot ketika berciuman. Ketika mereka melakukan ciuman bisa dapat membantu pipi tetap kencang.

5. Menenangkan
Terakhir, para Ilmuwan melaporkan bahwa berciuman dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dan endorphin. Air liur yang keluar saat berciuman dapat meningkatkan dopamine, yang membantu merasakan sentuhan romantis.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...