riau24

Hadiri Melayur Jalur Desa Pulau Ingu, Ini Harapan dan Pesan Bupati Mursini

Kamis, 14 Februari 2019 | 09:12 WIB
Bupati Mursini, M.Si bersama Wakil Bupati menyulut api Pendiangan Jalur Desa Pulau Ingu Benai/zar Bupati Mursini, M.Si bersama Wakil Bupati menyulut api Pendiangan Jalur Desa Pulau Ingu Benai/zar

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini, M.Si menghadiri prosesi melayur (mendiang) jalur baru Putri Kumayang Lindung Daun, Desa Pulau Ingu, Kecamatan Benai, Rabu (13/2) malam.

Masyarakat Desa Pulau Ingu berharap melalui tangan dingin Bupati Kuansing Mursini, yang telah mendiang jalur baru desa mereka, bisa menjadi perekat persatuan dan kekompakan masyarakat Desa Pulau Ingu.

Lebih dari itu, jalur ini kelak di setiap gelanggang even pacu jalur di Kuansing baik tingkat rayon maupun nasional di Teluk Kuantan pada Agustus mendatang meraih prestasi.



BACA JUGA : Dibuka Bupati, Ini Usulan Prioritas Kecamatan Cerenti di Musrenbang

"Waktu pacu jalur tingkat nasional tahun 2018 lalu jalur kami berhasil masuk sepuluh besar. Kita berharap pada tahun ini melalui jalur baru ini prestasinya bisa lebih baik lagi," ujar tokoh masyarakat Desa Pulau Ingu Datuk Gomuak saat menyampaikan sambutan.

Tokoh masyarakat Desa Pulau Ingu tersebut mengingatkan kepada masyarakat, untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat khususnya di kenegerian Simandolak. Karena kunci kesuksesan itu menurutnya adalah bersatu dan kompak dalam hal apa pun. Termasuk juga pacu jalur ini.

Bupati juga mengingatkan agar masyarakat Pulau Ingu tetap menjaga persatuan dan kesatuan, karena filosopi pacu jalur tersebut, pada hakekatnya adalah menekankan persatuan. Sebab jalur baru akan juara dan berprestasi bilamana masyarakat dan atlet dayungnya seiya sekata, kompak dan bersatu.

Selain itu kata Mursini, karena tahun ini adalah tahun politik dan tentunya juga masyarakat mempuyai pilihan masing-masing, baik untuk pemilihan presiden, DPR RI maupun DPRD provinsi dan kabupaten/kota, kendati demikian persatuan dan kekompakan harus tetap dijaga.



BACA JUGA : Buka Musrenbang: Sekdakab: Guntor Cocok Jadi Centra Batik Ekonomi Kreatif

"Karena bilamana terjadi perpecahan juga akan mempengaruhi segala sendi kehidupan masyarakat. Termasuk juga halnya dengan pacu jalur ini, akibatnya prestasi jalur menjadi berkurang," ujar Mursini mencontohkan.

Pada penggalangan dana malam melayur jalur ini, berhasil terkumpul dana sebesar Rp40 juta, yang berasal dari Sumbangan Bupati Mursini sebesar Rp5 juta, Wabup H Halim Rp5 juta, Sekda Dianto Mampanini Rp2 juta, Ketua Tim Penggerak PKK Kuansing Dra Emi Safitri Rp1 juta, Waka I DPRD Sardiyono, A. Md Rp2,5 juta.

Selanjutnya dilakukan penyulutan api perdana, bupati dan rombongan diminta untuk turut berandai bersama masyarakat Desa Pulau Ingu sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas dilayurnya jalur baru desa mereka.

Turut hadir pada acara pelayuran jalur Desa Pulau Ingu ini Asisten III Agus Mandar, kepala OPD, Kabag di lingkungan Setda Kuansing, Camat Benai beserta staf, Upika Kecamatab Benai, para kepala sekolah dan masyarakat Kecamatan Benai.(***)


R24/phi

PenulisR24/zar


Loading...

loading...