riau24

Klaim Karhutla Tak Terjadi, Jokowi Ralat Pernyataannya dan Minta Tidak Dilebih-lebihkan

Senin, 18 Februari 2019 | 15:29 WIB
Ilustrasi karhutla Ilustrasi karhutla

RIAU24.COM - Pada saat debat capres kedua pilpres 2019 berlangsung, capres petahana Joko Widodo mengklaim jika tiga tahun tak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dikarenakan banyaknya yang membantah pernyataan tersebut, Jokowi meralat ucapannya. Dia kembali mengklaim bahwa maksud pernyataannya adalah kebakaran hutan menurun drastis.


BACA JUGA : Cuit Tentang Difitnah 4,5 Tahun, Warganet Sindir Jokowi Playing Victim Hingga Baperan

"Saya sampaikan kami bisa mengatasi kebakaran dalam tiga tahun ini, artinya bukan tidak ada, tapi turun drastis, turun 85 persen lebih," ujarnya yang dilansir dari tempo.co, Senin, 18 Februari 2019.

Kata dia, dalam tiga tahun terakhir peristiwa karhutla tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Dia mencontohkan, kejadian karhutla juga tidak sampai mengganggu jadwal penerbangan dan protes asap dari negara-negara tetangga.

"Keluhan dari negara tetangga dalam tiga tahun ini, dari Singapura, Malaysia dapat dikatakan gak ada komplain sama sekali," lanjutnya.


BACA JUGA : Wanita ini Ingin Jadi Istri Kedua Sandiaga Uno, Tak Disangka Ini Jawaban Sang Cawapres Ganteng

Dia pun meminta agar pernyataannya pada saat debat itu tidak ditanggapi secara berlebihan. "Jangan dilebih-lebihkan seperti itu," tuturnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...