riau24

Baca Doa Ini Agar Terhindari dari Fitnah Yang Keji

Selasa, 19 Februari 2019 | 08:28 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM -  Fitnah dianggap sangat berbahaya selain karena motif fitnah adalah menuduh seseorang melakukan sesuatu yang tidak benar untuk merusak reputasi seseorang. Memfitnah sama halnya menjatuhkan martabat seseorang atau menghina seseorang padahal belum tentu apa yang difitnahkan itu sesuai dengan perbuatan yang difitnah.
Akhir-akhir ini sifat memfitnah atau menyebarkan berita tidak benar tentang seseorang seakan-akan sudah dianggap biasa dan bukan dosa besar. Ironisnya karena yang memfitnah dan yang difitnah adalah orang Islam sendiri bahkan tidak jarang seorang figur atau tokoh agama yang sangat terpandang dan dihormati oleh satu kelompok yang difitnah .

Media sosial menjadi sarana andalan bagi mereka yang suka menyebar fitnah karena selain bisa menyembunyikan identitas juga dengan mudah menghindar dan tidak bertanggung jawab padahal sesungguhnya baik lewat media online maupun dengan media offline sama saja dosanya karena intinya adalah memfitnah artinya dosanya sama saja.

Lantas, bagaimana caranya kita agar terhindar dari fitnah yang dilemparkan orang-orang yang berniat jahat terhadap kita? Salah satu doa yang diajarkan Allah kepada Nabi-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Allahumma inni as-aluka fi’lal khoirat wa tarkal munkarat wa hubbal masakin. Wa idza arad-ta bi ‘ibaadika fitnatan, faq-bidh-nii ilaika ghaira maf-tuun..

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq untuk bisa mengamalkan semua kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, dan bisa mencintai orang miskin. Jika Engkau menghendaki untuk menimpakan ujian (fitnah) bagi hamba-hamba-Mu, maka wafatkanlah aku, tanpa terkena fitnah itu.

Doa ini diajarkan oleh Allah kepada Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, agar dibaca ketika shalat. Ini menunjukkan nilai keistimewaan doa ini. Hingga Allah perintahkan Nabi-Nya untuk membacanya dalam shalat.

Dalam hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan mimpi beliau. Dalam mimpi itu, beliau bertemu Allah. Salah satu yang diajarkan, "Wahai Muhammad, jika kamu shalat, bacalah doa: Allahumma inni as-aluka fi’lal khoirat… dst.  (HR. Ahmad 22109, Turmudzi 3541, dan dishahihkan al-Albani).***


R24/bara

 

PenulisR24/bara


Loading...

loading...