riau24

PT SRL All Out Atasi Karhutla di Rangsang

Kamis, 07 Maret 2019 | 10:00 WIB
tTm pemadam PT SRL berjibaku memadamkan Karhutla di Pulau Rangsang /mad tTm pemadam PT SRL berjibaku memadamkan Karhutla di Pulau Rangsang /mad

RIAU24.COM -  RANGSANG - Dalam upaya membantu memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  di wilayah Kecamatan Rangsang Pesisir, tim pemadam dari PT Sumatera Riang Lestari (SRL) dimaksimalkan. Selain personel,  mesin pemadam dan alat berat juga sudah diturunkan perusahaan HTI tersebut.

Karhutla belum sampai ke wilayah konsesi perusahaan.  Tapi sudah menghanguskan semak belukar dan sejumlah kebun sagu masyarakat yang ada di Desa Bungur, dan Desa Sokop.

Humas PT SRL, Abdul Hadi mengatakan, Rabu (6/3/2019) bahwa lahan yang terbakar rata rata belukar, pakis pakisan, hutan dan perkebunan.  



BACA JUGA : Pajak dan Retribusi di Meranti Sudah Terkumpul Rp2,3 Miliar

"Menurut Tim Patroli Regu Pemadan kita (PT SRL) Karhutla di sejumlah Desa mulai terjadi sejak 8 hari lalu.  Kemudian juga terdeteksi di beberapa titik," ungkapnya.

Sampai hari ke sembilan total personel pemadam yang sudah diturunkan sebanyak lebih kurang 150 orang.  Sementara peralatan yang digunakan untuk membantu pemadaman yakni sebanyak 7 unit mesin Mark III, 8 unit Mesin Ministriker,  dan 2 unit mesin merk Fluto.  Selain itu juga diturunkan satu unit alat berat untuk memhuat sekat bakar dan menggali sumber air.

"Walaupun semua lahan terbakar berada diluar konsesi PT SRL,  namun kita tetap all out membantu pemadaman tersebut bersama BPBD,TNI POLRI dan MPA, "terang Abdul Hadi.

Yunan Helmi, selaku komandan regu pemadan kebakaran PT SRL menyebutkan saat ini tim yang bekerja juga didatangkan dari rupat yang sebelumnya berjibaku memadamkan api yang membakar lahan dan hutan di beberapa Desa di Rupat bulan januari sampai februari lalu.



BACA JUGA : Kadisbun: Bagi Yang Butuh Bibit Sagu Bersertifikat, Ada Dua Penangkar di Meranti

Yunan menjelaskan, saat ini rata rata kondisi lahan yang terbakar di Dusun Meren,  Desa Bungur dan Desa Sokop sudah mulai bisa terkendali.

"Tim kita kerja all out dilapangan sehingga sebagian lokasi sudah ada yang mulai pendinginan sisa-sisa kebakaran yang masih mengeluarkan asap," sebut Yunan.(***)


R24/mad


    

 

PenulisR24/mad


Loading...

loading...

Terpopuler