riau24

Syarat Administrasi di Disdukcapil Untuk Kebaikan Bersama

Selasa, 12 Maret 2019 | 19:21 WIB
Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Hariyandi /int Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Hariyandi /int

RIAU24.COM -  SELATPANJANG – Saat masyarakat mengurus berbagai administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Disdukcapil berbagai syarat selalu diminta. Hal itu dilakukan untuk kebaikan bersama. Baik bagi masyarakat itu sendiri, maupun Pemerintah.

Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Hariyandi menegaskan seluruh administrasi kependudukan dan pencatatan sipil wajib menyertakan syarat yang telah ditentukan. Dengan begitu data yang akan dibuat pada berkas administrasi tersebut tidak fiktif dan data sebenarnya.

“Kita tidak mau membuat data yang salah dalam setiap adminitrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Makanya syarat-syarat yang telah kita tentukan, wajib dipenuhi,” jelasnya.



BACA JUGA : Pajak dan Retribusi di Meranti Sudah Terkumpul Rp2,3 Miliar

Dicontohkannya seperti syarat untuk membuat KTP. Dimana selain akte kelahiran, juga surat pengantar berantai dari RT/RW, Lurah sampai Camat.

“Jika surat pengantar tidak ada, bagaimana kita memastikan si pemohon benar-benar tinggal diwilayah tersebut. Makanya kita minta surat pengantar,” katanya.

Oleh karena itu Hariyandi mengharapkan dukungan masyarakat dalam memenuhi persyaratan yang diwajibkan. Supaya nantinya dokumen yang diterbitkan bisa sesuai dengan data sebenarnya.

“Bukan berarti kita mempersulit masyarakat. Jadi tolong pahami dan mengerti tujuan dari syarat yang diminta dalam setiap kepengurusan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil,” terangnya.

Menanggapi hal itu, salah satu Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandi mengaku pelayanan administrasi memang harus safety. Supaya tidak kecolongan.

“Petugas memang harus teliti. Supaya data yang dibuat tidak salah,” kata dia.



BACA JUGA : Kadisbun: Bagi Yang Butuh Bibit Sagu Bersertifikat, Ada Dua Penangkar di Meranti

Meski begitu jangan terlalu kaku. Sehingga tidak mempersulit masyarakat.

“Dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, harus fleksibel. Disatu sisi harus ketat dalam meminta persyaratan, tetapi jangan kaku juga,” pinta politisi PAN tersebut.(***)


R24/phi/mad
    

 

PenulisR24/mad


Loading...

loading...