riau24

9 Cara Beribadah Pada Allah Ditengah Kesibukan

Selasa, 12 Maret 2019 | 21:11 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Manusia diciptakan oleh Allah selain untuk dunia juga untuk beribadah sebagai bekal akhirat nanti. Tapi sayangnya sekarang ini banyak manusia yang lalai lantaran kesibukan dunia sehingga melupakan akhirat. 

Bagi yang sibuk dunia, jangan khawatir, berikut ini ada 9 cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa beribadah walau ditengah kesibukan: 

1. Selalu merasa bersyukur

Selalu merasa berayukur dalam kondisi apapun merupakan salah satu cara mudah untuk beribadah pada Allah. Dengan bersyukur maka setiap urusan yang sulit akan terasa lebih mudah serta setiap kesibukan yang menyita waktu jika dijalankan dalam keadaan syukur akan bernilai pahala. Jika seorang muslim selalu bersyukur maka Allah akan menambah kenikmatan dan rezeki baginya.



BACA JUGA : Apa Hukumnya Melaksanakan Haji Lebih dari Sekali, Ini Fatwa Bijak Syekh Yusuf Qaradhawi

2. Komitmen untuk membaca alquran minimal sehari satu ayat

Tidak ada salahnya mengawali hari dengan membaca Alquran sebelum memulai rutinitas meskipun hanya satu ayat sehari. Lebih baik lagi jika setelah membaca Alquran kemudian mentadabburi artinya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Banyak pahala dan kebaikan yang akan didapatkan oleh seorang muslim jika ia membaca Alquran. Rasulullah saw bersabda, bahswannya barang siapa yang membaca Alquran dari setiap hurufnya akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Alif lam mim itu bukan satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf lam satu huruf mim satu.

3. Memanfaatkan Teknologi

Sebagai kaum milenial yang pasti tidak asing dengan namanya teknologi. Segala kemudahan untuk mengakses berbagai informasi hanya dalam sentuhan jari.  Dengan memanfaatkan teknologi smartphone, sekalipun sibuk kita masih dapat mengakses ceramah maupun podcast yang islami.

Salah satunya melalui aplikasi youtube maupun soundcloud yang menyediakan video streaming maupun audio streaming. Melalui youtube atau soundcloud kita dapat mendengarkan tausyiah dimana saja tidak harus datang ke tempat kajian.

Selain mendengarkan ceramah melalui youtube atau soundcloud, bergabung dengan kelas online melalui sosial media whatsapp atau line merupakan salah satu cara dalam memanfaatkan teknologi. Biasanya kelas online tersebut membahas tentang keislaman, pengembangan diri, Bahasa arab, dan lain-lain.

4. Sholat tepat waktu

Meskipun kondisi sedang sibuk sholat tepat waktu jangan pernah ditinggalkan. Dengan sholat tepat waktu jadwal kegiatan dapat diselaraskan dengan waktu sholat. Misalnya setelah sholat shubuh kemudian langsung bersiap untuk berangkat bekerja, kemudian setelah sholat dzuhur dilanjutkan untuk istirahat siang, selanjutnya waktu ashar tiba merupakan waktu kritis datangnya rasa kantuk dengan berwudhu dan shalat ashar dapat menyegarkan pikiran kembali.

5. Selalu dalam kondisi berwudu

Menempatkan diri dalam keadaan berwudu merupakan salah satu cara untuk mengingat Allah. Dengan menjaga wudhu senantiasa menjaga diri dalam keadaan suci dan sebagai penjaga diri untuk meminimalisir perbuatan negatif. Dalam kondisi berwudu juga memudahkan jika waktu shalat tiba sekaligus memberikan energi positif dikala penat dengan rutinitas yang padat.

6. Bersedekah

Bersedekah merupakah ibadah yang mudah dilakukan kapan saja. Bersedekah tidak hanya selalu dalam bentuk materi saja namun dapat dilakukan dengan berbuat baik terhadap sesama. Misalnya dengan senyum kepada sesama muslim, memindahkan benda berbahaya di tengah jalan, membantu anak kecil atau tua renta menyebrang merupakan bentuk sedekah dalam perbuatan. Sedangkan sedekah dalam bentuk materi untuk membersihkan harta dan jiwa.

7. Selalu berzikir di berbagai kesempatan

Zikir kepada Allah diberbagai kesempatan adalah cara termudah untuk selalu beribadah dan mengingat Allah setiap waktu. Berzikir dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak hanya selepas shalat saja. Zikir dapat dilakukan semisal saat sedang dalam perjalanan, sedang menunggu klien, atau saat sedang memasak. Dengan zikir dapat menentramkan hati dan mendapatkan pahala dan berkah dari Allah.

8. Semangat menebar salam kebaikan

Dengan mengucapkan salam kepada sesama muslim merupakan salah satu cara menebar kebaikan dan selalu mengingat Allah. Dalam ucapan salam terkandung doa yaitu kesejahteraan dan keselamatan serta memohonkan perlindungan dari Allah.



BACA JUGA : 6 Zodiak Ini Bakal Jadi Sosok Ayah Terbaik, Benarkah?

9. Berkumpul dengan lingkungan baik

Meskipun dalam keadaan sibuk usahakan untuk dapat berkumpul dengan lingkungan yang baik, misalnya dalam suatu kajian. Dengan tergabung dalam lingkungan yang baik senantiasa diri ini akan terjaga, karena akan selalu ada yang saling mengingatkan dan menguatkan dalam hal kebaikan.


Sumber:  Muslimahdaily

 

PenulisR24/iko


Loading...

loading...

Terpopuler