riau24

Sudah Makan Teratur Tapi Asam Lambung Naik, Waspada ini Penyebabnya

Rabu, 13 Maret 2019 | 06:10 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Asam lambung naik belum tentu disebabkan karena maag, atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Sebab, banyak penelitian yang mengungkapkan jika stres dapat memicu naiknya asam lambung. 

Dilansir dari detik.com, Selasa, 12 Maret 2019, sebuah studi yang diterbitkan Alimentary Pharmacology and Therapeutics pada 2007 menemukan jika orang-orang yang sering merasa cemas berisiko 2-4 kali terkena GERD. Tentunya, GERD lebih parah dibanding maag, yakni terjadi saat kenaikan asam lambung berubah menjadi kronis dan terus berlanjut 2 hingga 3 kali setiap minggu.

Lantas, kenapa stres bisa memicu naiknya asam lambung? Menurut penjelasan Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, rasa cemas dapat menurunkan produksi hormon yang melindungi lambung dari cairan asam lambung.


BACA JUGA : Banyak Dilakukan, Minum Teh Panas Ternyata Dapat Sebabkan Kanker Kerongkongan

Tapi faktanya, ada hubungan anatomi otak dan saluran cerna yang dikenal dengan sebutan brain gut axis. Sehingga jika salah satu bermasalah akan mempengaruhi fungsi yang lainnya.

Untuk itu, dr. Helmin mengatakan perlu adanya manajemen stres agar maag atau GERD tidak kambuh. Karena, naiknya asam lambung bukan cuma disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur.

"Rasa cemas memicu produksi asam lambung sehingga memicu sakit maag. Jika pemicunya adalah stres, pasti sangat efektif jika bisa manajemen stres dengan baik. Sakit maag bisa diatasi dengan mudah jika pemicunya diketahui dengan pasti, termasuk akibat stres," kata dr. Helmin.

Melakukan manajemen stres dapat dilakukan berkumpul bersama teman atau orang terdekat, meluangkan sedikit waktu untuk rileks di tengah rutinitas, maupun berjalan-jalan atau mendengarkan musik.


BACA JUGA : Buah-buahan ini Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Asam Urat, ini Manfaat yang Dirasakan

"Perlu diingat masalah akan ada selama hidup dan harus dihadapi karena semua masalah pada dasarnya bisa diselesaikan. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika tidak ada perbaikan, mintalah pertolongan kepada ahlinya seperti psikiater," kata dr. Helmin.

Tapi, jika sudah terlanjur terkena maag, segera minum obat maag seperti Promag yang dibuat dari bahan aktif antasida, di antaranya magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag pun bisa reda.

"Jika sakit maag menyerang, aktivitas pasti terganggu sehingga produktivitas akan menurun. Jika tidak diatasi dengan baik dapat memperparah sakit maag seperti luka pada lambung dan perdarahan, dan peradangan kronik jika dibiarkan bisa memicu kanker," demikian dr. Helmin.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...