riau24

Disbun Meranti Akan Bangun Kebun Percontohan Holtikultura

Rabu, 13 Maret 2019 | 18:48 WIB
Kadis Perkebunan,  Tengku Efendi/mad Kadis Perkebunan, Tengku Efendi/mad

RIAU24.COM -  SELATPANJANG – Dinas Perkebunan Kepulauan Meranti Provinsi Riau berencana membangun kebun percontohan tanaman jenis holtikultura. Sehingga dapat memancing masyarakat agar dapat mengikutinya dan mulai memanfaatkan lahan kecil untuk menanam tanaman tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Holtikultura, Tengku Efendi. Ia menjelaskan tanaman holtikultura sangat baik ditanam dan tidak memerlukan lahan yang luas.   

“Paling tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kalau memanam lebih luas, bisa dijual dan menghasilkan,” sebutnya.



BACA JUGA : Belum Satupun Hotel di Meranti Bayar Pajak Air Bawah Tanah

Apalagi waktu panen relatif lebih cepat jika dibandingkan jenis tanaman perkebunan dan pertanian.

Sejumlah tanaman holtikultura yang rencananya akan ditanam diantaranya kacang panjang, terong, tomat dan lainnya."Kita masih mencari lokasinya. Yang pasti letaknya diwilayah Kota Selatpanjang,” ungkap dia.

Tengku Efendi menilai kebun percontohan ini nantinya bisa memancing keinginan masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan yang ada disekitar rumahnya. Paling tidak nantinya bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja dulu.

“Untuk memenuhi kebutuhan Selatpanjang, sejumlah produk holtikultura masih didatangkan dari luar daerah. Seperti tomat, kacang panjang, terong dan lainnya. Kalau sudah banyak rumah tangga yang menanam, maka bisa menghemat biaya belanja kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, salah satu Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandi menginginkan agar kebun percontohan tanaman holtikultura itu bisa benar-benar diwujudkan. Sebab menurutnya permintaan terhadap sejumlah produk tersebut sangat tinggi.



BACA JUGA : EMP Malacca Strait Rehab Pantai Teluk Belitung

“Beberapa produk holtikultura susah didapatkan dalam kondisi yang segar. Hal itu karena didatangkan dari luar daerah. Sehingga produknya lama berada diperjalanan,” terang Politisi PAN Kepulauan Meranti itu.

Jika berhasil, maka akan semakin banyak masyarakat yang akan mengkuti dengan membuat kebun tanaman holtikltura. Dengan begitu tidak ada lagi lahan disekitar rumah yang tidak termanfaatkan.(***)


R24/phi/mad
    

 

PenulisR24/mad


Loading...

loading...